UMM Institutional Repository

Pengaruh Terpaan Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Dalam Aktivitas Mobile Photography (Studi Pada Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Indonesia Lumia Photography Periode Juni 2015)

El Muharram, Syafirullah (2017) Pengaruh Terpaan Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Dalam Aktivitas Mobile Photography (Studi Pada Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Indonesia Lumia Photography Periode Juni 2015). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syafirulla-47880-1-pendahul-n.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syafirulla-47880-2-babi.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syafirulla-47880-3-babii.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syafirulla-47880-4-babiii.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pengaruh Terpaan Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Dalam Aktivitas Mobile Photography (Studi Pada Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Indonesia Lumia Photography Periode Juni 2015)". Penelitian ini didasarkan pada banyaknya post mengenai mobile photography yang bermunculan di kedua media sosial tersebut. Data tersebut telah dijelaskan bahwa ada sekitar 300 juta foto yang dipost/upload pada media sosial facebook dan ada sekitar 70 juta yang diupload pada media instagram. Hal ini menyebabkan adanya daya tarik bagi mereka yang awalnya tidak berminat terhadap mobile photography menjadi berminat akan mobile photography. Yang mendasari pengaruh tersebut adalah banyaknya post yang berjenis mobile photography, sehingga akan menyebabkan pengakses dalam hal ini adaladh responden akan memperhatikan. Hal tersebut didukung oleh adanya aspek kognitif pada media sosial tersebut, maka pengguna akan merasa mendapat pesan yang berulang - ulang atau stimulus yang pada akhirnya pengguna atau responden akan mengikuti minat tersebut. Teori yang digunakan adalah teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Dimana pengguna atau responden akan memperhatikan pesan yang diterima oleh mereka. Tahap awal adalah mereka akan sering memperhatikan pesan tersebut. Kemudian responden mulai tertarik dengan cara terus mengamati bahkan mencari pesan yang berkaitan dengan mobile photography. Selanjutnya responden akan memiliki keinginan terhadap minat tersebut dan responden akan memutuskan untuk mengikuti minat tersebut. Pada akhirnya responden akan ikut posting yang dalam hal ini adaladh action mengenai mobile photography. Dan hal tersebut dapat diukur dengan seberapa sering responden posting mengenai mobile photography. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi lebih dari tiga ratus dari kedua media sosial tersebut. Maka peneliti mengambil sampling sebesar 225 dengan menggunakan rumus Slovin dan dilakukan secara random atau acak. Hal ini dilakukan untuk mempermudah peneliti dalam memperoleh data tersebut. Perlu diketahui bahwa data tersebut diperoleh secara online. Setelah mendapatkan data maka peneliti mengolah data tersebut dengan rumus regresi linear berganda. Yang kemudian dikodifikasi dengan tabel distribusi variabel. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan akan tingkat minat mobile photography, dimana responden adalah pengguna (pengakses) media sosial facebook dan isntagram. Dari hasil uji signifikansi diketahui nilai probabilitas adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehinga H0 ditolak. Dalam artian pengaruh terpaan media facebook dan instagram terhadap tingkat minat mobile photography sehingga hipotesis alternatif atau H1 diterima. Hasil uji probabilitas ini juga relevan dengan pengujian melalui uji statistik F menunjukan Fhitung Sebesar 81,5 dengan taraf kesalahan (α) 95% (0,05). Dengan rumus df1(N1) = k-1, df2(N2) = n-k, k adalah konstruk (jumlah variabel X dan Y), sedangkan n adalah jumlah sampel, untuk menentukan F tabel maka df1 = 2-1 = 1, sedangkan df2 = 255-2 = 253, dapat diperoleh Ftabel sebesar 3,45. Karena Fhitung (81,5) > Ftabel (3,45) maka H0 ditolak, artinya pengaruh X terhadap Y adalah positif dan terbukti signifikan berdasarkan uji statistik F. Berdasarkan koefisien determinasi didapat nilai R square adalah 0,424, dimana nilai R square adalah nilai besarnya pengaruh terpaan media facebook dan instagram terhadap tingkat minat mobile photography. Dari nilai tersebut juga dapat dikatakan bahwa variabel X (terpaan media facebook dan instagram) memiliki pengaruh sebesar 42,4% terhadap variabel Y (minat mobile photography). Sedangkan 57,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah bahwa pengaruh terpaan dari media facebook dan instagram sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari frekuensi mengakses media sosial tersebut sangat lah tinggi yang kemudian diikuti oleh perhatian responden yang juga sangat tinggi. Tentu hal ini menjadi sangat berkaitan. Mengingat terpaan media sangat besar. Dan sebagian besar responden akan mengikuti minat tersebut. Hal ini dapat diluhat dari presentase pengaruhnya adalah sebesar 42,4% dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Sedangkan 57,6% adalah pengaruh dari faktor diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201010040311309
Keywords: Pengaruh Terpaan Grup Media Sosial Facebook dan Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Dalam Aktivitas Mobile Photography
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:40
Last Modified: 03 Jul 2018 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36969

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo