UMM Institutional Repository

PENGUKURAN TINGKAT LITERASI MEDIA TELEVISI (Studi Pada Guru RA Hasanuddin dan MI Wahid Hasyim III Malang)

CHOIROFI, FAHMI (2017) PENGUKURAN TINGKAT LITERASI MEDIA TELEVISI (Studi Pada Guru RA Hasanuddin dan MI Wahid Hasyim III Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahmichoir-48676-1-pendahul-n.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahmichoir-48676-2-bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahmichoir-48676-3-bab2.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahmichoir-48676-4-bab3.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Peran orang tua dalam membimbing anak saat menonton televisi sangatlah penting, namun karena keterbatasan kemampuan orang tua terkadang orang tua tidak bisa lagi membimbing anak-anaknya, disinilah peran guru dibutuhkan. Guru memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk anak didiknya. Guru juga memiliki peran penting dalam memberi pengarahan kepada anak didiknya. Maka patutlah guru memiliki pengetahuan bukan hanya dalam hal mata pelajaran sekolah namun juga dalam hal lainnya dan salah satunya adalah literasi media televisi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi media televisi pada guru RA Hasanuddin dan MI Wahid Hasyim III, sehingga dapat digunakan sebagai landasan dalam membuat program pendidikan literasi media. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan rancangan kerja Individual Competences sebagai alat untuk mengukur literasi media televisi. Keseluruhan populasi pada penelitian ini adalah 21 guru yang terdiri dari 9 guru RA dan 12 guru MI. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling yang berarti 21 guru adalah sampel penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang indikator dari setiap pertanyaan didalam kuesioner berdasarkan indikator dari rancangan kerja Individual Competences. Skoring dalam penelitian ini mengadopsi skoring dari rancangan kerja Individual Competences dan disesuaikan dengan keadaan pertelevisian di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi media televisi guru RA Hasanuddin dan MI Wahid Hasyim III berada pada tingkatan Medium. Tingkatan ini berarti guru-guru tersebut sudah dapat mengoperasikan serta mengakses televisi dengan baik, namun faktor lainnya masih perlu ditingkatkan yaitu kemampuan dalam menganalisis dan memahami secara kritis isi pesan media dan sistem media serta kemampuan guru untuk aktif berkomunikasi dan berpartisipasi melalui tatap muka ataupun melalui media.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Literasi Media Televisi, Individual Competences
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:09
Last Modified: 03 Jul 2018 06:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36967

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo