UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PEREMPUAN PADA MEDIA ONLINE (Analisis Semiotik pada Rubrik Asmara di Portal Berita Online JawaPos.com Periode Bulan April 2016)

ANANDA, ANNISA RIZKI (2017) REPRESENTASI PEREMPUAN PADA MEDIA ONLINE (Analisis Semiotik pada Rubrik Asmara di Portal Berita Online JawaPos.com Periode Bulan April 2016). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annisarizk-47465-1-pendahul-n.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annisarizk-47465-2-babi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annisarizk-47465-3-babii.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-annisarizk-47465-4-babiii.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari Perempuan yang merupakan salah satu objek yang direpresentasikan paling banyak oleh media karena perempuan merupakan salah satu dunia yang menarik untuk diikuti perkembangannya. Namun Peranan laki-laki dalam media massa ditampilkan dominan, aktif, berwenang sedangkan perempuan ditampilkan sebagai yang patuh, pasif dan sepenuhnya merasa puas dengan menundukan keinginan-keinginan mereka mengikuti keinginan laki-laki dalam media. Jawapos.com salah satu media yang menggambarkan tentang dunia dari berbagai aspek kehidupan. Rubrik asmara merupakan salah satu rubrik yang termasuk berita yang menuliskan bahasan mengenai perempuan. Pembahasan mengenai perempuan dibahas dari berbagai sudut pandang. Oleh sebab itu maka peneliti ingin mengetahui bagaimana represntasi perempuan oleh Jawapos.com. Semiotika sosial MAK Halliday dipilih sebagai metode penelitian. Model analisis semiotik sosial milik Halliday untuk mengetahui suatu makna dari suatu teks, maka untuk menemukan makna tersebut harus diketahui elemen-elemen dari bahasa itu sendiri, yakni : teks, situasi, register, kode, sistem linguistik (terdapat tiga unsur semantik yakni, fungsi ide, komponen interpersonal dan komponen tekstual) dan struktur sosial. Hasil penelitian dari 14 berita pada bulan April 2016 yang dikategorisasikan menjadi 6 bagian maka dapat dimaknai perempuan di mata masyarakat yang memilih bercerai adalah sosok perempuan yang bebas, kuat dan berani karena walaupun pemikirannya dinilai tidak rasional dan hanya dilihat dari segi ekonomi dan seksualitas namun, mereka sebagai perempuan ingin terbebas dari belenggu ketidakadilan gender.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210040311042
Uncontrolled Keywords: Representasi, Perempuan, Media Online, Analisis Semiotik.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:03
Last Modified: 02 Jul 2018 04:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36952

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo