UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN ISU POLITIK TENTANG ISI DAKWAH VIDEO KHUTBAH JUMAT HABIB RIZIEQ DALAM AKSI BELA ISLAM 212

Felayati, Ariana Hilda (2018) PEMAKNAAN ISU POLITIK TENTANG ISI DAKWAH VIDEO KHUTBAH JUMAT HABIB RIZIEQ DALAM AKSI BELA ISLAM 212. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arianahild-51764-8-pendahul-n.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arianahild-51764-1-babi.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arianahild-51764-2-babii.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arianahild-51764-3-babiii.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeksplorasi perbedaan pemaknaan isu politik tentang isi dakwah video khutbah jum'at habib Rizieq dalam aksi bela Islam 212 pada ibu rumah tangga anggota muslimat dan aisyiyah kota Pasuruan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan menggunakan dasar penelitian analisis respsi atau analisis penerimaan. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga anggota muslimat dan aisyiyah kota Pasuruan yang berlatarbelakang berbeda sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti sehingga didapatkan 10 subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan Focus Group Discussion (FGD). Peneliti menguji keabsahan datanya dengan memilih triangulasi sumber. Teori yang di gunakan adalah teori encoding/decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pemaknaan dan penerimaan khalayak terhadap isu politik tentang isi dakwah khutbah jumat habib Rizieq dalam aksi bela Islam 212 berbeda-beda tergantung dari pengetahuan, pengalaman, status sosial, psikologis, usia dan jenis kelamin mereka. Pada posisi The dominant-hegemonic, membahas isu politik diperbolehkan dimana ia menganggap bahwa orang Islam itu harus mengetahui politik namun tidak diperbolehkan untuk terjun langsung dalam politik sehingga jika dakwah membahas isu politik tidak apa-apa apalagi habib Rizieq adalah penceramah.Sedangkan pada posisi The oppositional reading menyatakan tidak setuju jika dakwah yang membahas isu politik harus bisa dibedakan antara politik dengan dakwah Islam yang sebenarnya sesuai dengan syariat Islam tanpa mencampur adukkan agar tidak terjadi tumpang tindih diantara keduanya sehingga dakwah yang disampaikan oleh Da'i efektif dan efisien bagi Mad'u. Kesimpulan dari penelitian ini adalah khalayak memberikan pemaknaan yang berbeda-beda terhadap isu politik tentang isi dakwah khutbah jumat habib Rizieq dalam aksi bela Islam 212. Perbedaan pemaknaan ibu rumah tangga anggota muslimat dengan aisyiyah adalah jika muslimat menganggap dakwah itu membahas kehidupan yang lebih baik guna mendapatkan ridha Allah di dunia dan diakhirat sehingga jika berbicara masalah politik lebih baik dibicarakan dalam forum atau organisasi politik sendiri agar tidak bertumpang tindih di antara keduanya. Namun jika aisyiyah memposisikan dirinya bergerak di hampir semua bidang kehidupan tapi tidak berpolitik praktik dan juga menjunjung tinggi visi, misi muhammadiyah sebagai organisasi moderat sehingga mereka menganggap bahwa dakwah yang membahas isu politik tidak dipermasalahkan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Pemaknaan, Studi Resepsi, Isu Politik, Dakwah
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:37
Last Modified: 02 Jul 2018 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36949

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo