UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN TREND FASHION CASUAL TERHADAP ANGGOTA KOMUNITAS CASUAL TERRACE AREMANIA

Permana, Canda Dian (2018) PEMAKNAAN TREND FASHION CASUAL TERHADAP ANGGOTA KOMUNITAS CASUAL TERRACE AREMANIA. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candadianp-51765-1-abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candadianp-51765-2-babi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candadianp-51765-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candadianp-51765-4-babiii.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Kota Malang mempunyai tim sepak bola yang sangat banyak diminati oleh warga Kota Malang yaitu Arema, Supporter Arema yang dinamakan Aremania ini sudah mempunyai prestasi yaitu Aremania mampu mempertahankan predikatnya sebagai suporter terbaik di Liga Copa pada tahun 2006 dan berkat prestasinya (Djuraid, 2007:89). Aremania memiliki banyak komunitas, salah satunya adalah Komunitas Casual Terrace. Casual Terrace merupakan komunitas Aremania yang termasuk golongan borjuis karena anggotanya pengguna merk-merk terkenal dan cenderung tidak terjangkau yang identik memakai gaya fashion casual ketika mendukung tim kebanggaan Arema. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai dasar penelitian, melalui pendekatan kualitatif peneliti bertujuan untuk resepsi atau pemaknaan anggota komunitas Casual Terrace terhadap trend fashion casual yang sedang digemari oleh aremania dengan melakukan wawancara kepada anggota komunitas Casual Terrace. Penelitian ini difokuskan pada pemaknaan atau resepsi dari subjek penelitian yakni hasil wawancara terhadap anggota komunitas Casual Terrace dengan peneliti akan diolah dan dianalisis secara mendalam dengan menjadikan hasil dokumentasi sebagai bahan referensi dalam pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trend fashion casual dapat dijadikan sebagai identitas diri karena suatu perubahan fashion diyakini oleh Komunitas Casual Terrace dapat menunjukkan kemajuan dalam komunitasnya, fashion casual juga dijadikan sebagai sebuah penanda kelas sosial oleh Komunitas Casual Terrace karena mode fashion casual cenderung dapat menunjukkan, di Komunitas Casual Terrace merupakan penanda kelas sosial memberikan kelas atas bagi kaum para supporter yang berbeda dari supporter lainnya, kesan eksklusif dan yang terpenting adalah fashion casual digunakan sebagai sarana pembelajaran dalam hal memperbaiki penampilan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan, Fashion, Casual, Aremania
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:33
Last Modified: 02 Jul 2018 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36947

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo