UMM Institutional Repository

PERENCANAAN PONDASI TIANG BOR DAN ABUTMENT JEMBATAN SUNGAI KEDUNG GALENG STA 28+201 PADA PROYEK JALAN TOL PASURUAN-PROBOLINGGO SEKSI 3

DHARMANTO, FIKY (2017) PERENCANAAN PONDASI TIANG BOR DAN ABUTMENT JEMBATAN SUNGAI KEDUNG GALENG STA 28+201 PADA PROYEK JALAN TOL PASURUAN-PROBOLINGGO SEKSI 3. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikydharma-49926-1-pendahul-n.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikydharma-49926-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikydharma-49926-3-babii.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikydharma-49926-4-babiii.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo adalah jalan tol sepanjang 31,3 km yang menghubungkan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo. Pembangunan jalan tol ini dibangun mempunyai maksud dan tujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan dalam melayani lalu lintas di koridor trans jawa, meningkatkan produktivitas melalui pengurangan biaya distribusi dan menyediakan akses ke pasar regional maupun internasional. Jembatan merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu jalan tol. Kerusakan jembatan terutama struktur bagian bawah seperti abutment dan pondasi akan berakibat fatal terhadap struktur jembatan. Abutment adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar-pilar jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup dan beban mati pada jembatan. Pondasi yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pondasi tiang bor. Pondasi tiang bor (bored pile) adalah pondasi tiang yang pemasangannya dilakukan dengan mengebor tanah pada awal pengerjaannya, baru kemudian diisi tulangan dan dicor beton. Besar beban struktur yang diterima oleh abutment sebsar ΣV = 2169,24 ton dan ΣH = 1388,40 ton, untuk beban struktur yang diterima oleh pondasi tiang bor sebesar ΣV = 7272,65 ton dan ΣH = 4310,81 ton. Perencanaan terdiri dari abutment dengan dimensi tinggi 11,35 meter dan lebar dasar pile cap 9,50 meter, untuk dimensi pondasi tiang bor berdiameter 0,80 meter. Penulangan abutment didapat dari perhitungan D16-300, D19-300, dan D25-50, dan untuk penulangan pondasi tiang bor tulangan spiral D13 dan tulangan pokok 12D25. Penurunan yang terjadi pada pondasi tiang bor sebesar 10,67 cm.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310340311028
Keywords: Jembatan, abutment, , pondasi tiang bor
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Jun 2018 02:30
Last Modified: 06 Jun 2018 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36885

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo