UMM Institutional Repository

Analisis Kualifikasi dan Kompetensi Profesi Guru serta Upaya Pengembangannya dalam Menyikapi UU Guru-Dosen (Studi di Pendidikan Dasar dan Menengah Kota Malang)

Effendi, Moh. Mahfud (2008) Analisis Kualifikasi dan Kompetensi Profesi Guru serta Upaya Pengembangannya dalam Menyikapi UU Guru-Dosen (Studi di Pendidikan Dasar dan Menengah Kota Malang). Project Report. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Peer Review - Effendi - Kompetensi Kualifikasi Guru UU Guru dan Dosen Malang.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Effendi - Kompetensi Kualifikasi Guru UU Guru dan Dosen Malang.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Effendi - Kompetensi Kualifikasi Guru UU Guru dan Dosen Malang.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan kita sebagai akibat dari rendahnya kualifikasi dan kompetensi profesi guru, dan bahkan cendrung unqualified, underqualified, dan mismath. Munculnya UU Guru-Dosen dan SNP yang mensyaratkan guru harus S-1, akan memperparah keadaan guru kita. Oleh karenanya, upaya pemberdayaan dan pengembangan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi profesi guru perlu dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Selain itu, pemberlakuan Otoda dan otonomi pendidikan terasa berat tak terkecuali bagi Kota Malang, karena hampir 25% gurunya belum S-1, dan persoalan menjadi sangat kompleks pada saat berbicara masalah kompetensi profesi guru. Untuk mengetahui lebih jauh maka sebagai langkah awal yang harus dijawab adalah ”Bagaimana kualifikasi dan kompetensi profesi guru serta bagaimana upaya pengembangannya untuk menyikapi UU Guru-Dosen ”. Untuk menjawab masalah di atas, dilakukanlah penelitian kasus di Dinas Pendidikan Kota Malang dan 16 lembaga pendidikan dasar dan menengah (dikdasmen) favorit baik negeri mapun swasta dengan responden sebanyak 120 orang guru dengan teknik pengambilan data melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Pemilihan lembaga ini diharapkan memberikan gambaran secara nyata tentang kualifikasi dan kompetensi profesi guru serta upaya-upaya pengembangannya. Sehingga dengan informasi ini, kita dapat menggambarkan keadaan guru secara keseluruhan serta mencari cara bagaimana meningkatkan kualifikasi dan kompetensi profesinya. Berdasarkan hasil analisis kualitatif didapat bahwa 1) Kota Malang yang memiliki 533 lembaga dikdasmen dengan 10.901 guru (GTY sebesar 16.24%, PNS sebesar 56.41%, Guru bantu sebesar 0.85%, dan GTT sebesar 18.80%), hampir 20% guru berumur diatas 50 tahun. Sebagian besar sudah berijazah S-1 (77.08%) tetapi masih ada 550 guru (5.05%) berijazah SLTA ke bawah, 2) Rendahnya kualifikasi dan ketidaksesuaian latarbelakang pendidikan akan berdampak pada kemampuan guru dalam mengajar. Akibatnya hanya 80.4% guru yang layak mengajar, selebihnya sekitar 2135 orang belum layak mengajar, bahkan 721 (6.6%) orang tidak layak mengajar, 3) Upaya-upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan mengajar sudah dilakukan baik secara pribadi, melalui sekolah, bahkan dari Dinas Pendidikan. Program peningkatan kualifikasi guru di Dinas Pendidikan masih terbatas pada guru-guru TK dengan anggaran APBD, program peningkatan kompetensi profesi guru khususnya program diklat, sudah dilaksanakan pada semua jenjang dengan frekuensi dan kebutuhan yang berbeda. Secara individu, para guru telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya baik melanjutkan sekolah maupun mengikuti program peningkatan kompetensi profesi guru. Banyak kendala yang mereka hadapi, misalnya masalah dana, kesempatan, informasi, dan birokrasi. Oleh karenanya, para guru sangat berharap kepada pihak sekolah dan Dinas Pendidikan agar dapat membantu dan memperlancar upayanya ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Kompetensi Kualifikasi Guru, UU Guru dan Dosen, Malang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 31 May 2018 07:18
Last Modified: 31 May 2018 07:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36860

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo