UMM Institutional Repository

Upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan bertanya mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah logika melalui strategi inkuiri

Effendi, Moh. Mahfud (2008) Upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan bertanya mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah logika melalui strategi inkuiri. Project Report. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Peer Review - Effendi - Minat Baca Kemampuan Bertanya Matakuliah Logika Strategi Inkuiri.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Effendi - Minat Baca Kemampuan Bertanya Matakuliah Logika Strategi Inkuiri.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Effendi - Minat Baca Kemampuan Bertanya Matakuliah Logika Strategi Inkuiri.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar Logika bahwa minat baca dan kemampuan bertanya mahasiswa tergolong rendah. Sebenarnya minat baca dan kemampuan bertanya merupakan kebiasaan, yang bisa dilatih dan dibiasakan. Berdasarkan itulah maka bagaimana upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan bertanya mahasiswa program studi pendidikan matematika pada matakuliah logika Melalui strategi inkuiri. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dilakukan penelitian tidakan kelas pada mahasiswa semester 1 2007-2008 melalui strategi inkuiri dengan 2 siklus. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa: 1) Upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan bertanya dalam pembelajaran Logika melalui strategi inkuiri adalah; penugasan mencari artikel dan presentasikan, memberi bobot besar dalam penilaian, penilaian dilakukan secara transparan dan hasilnya diumumkan setiap pertemuan, men-drill cara mereview materi ajar/artikel dengan panduan pertanyaan 5W+1H, dan memberi tugas membuat soal sendiri (semampunya) dan menjawabnya untuk setiap materi serta menilainya. 2) Ketuntasan belajar mahasiswa relatif rendah, yaitu sebesar 20%, hal ini disebabkan oleh perkuliahan bertepatan dengan bulan ramadhan, liburan puasa, liburan Idhul Fitrih, hari Waisak; terdapat 35,3% mahasiswa tidak menyukai strategi inkuiri; 23,5% tidak suka dengan metode tugas; dan mereka hampir semua mahasiswa baru perlu adanya penyesuaian baik tempat kos maupun cara belajar. Agar upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan bertanya tersebut efektif serta ketuntasan belajar juga baik, maka syarat-syarat pemberlakuan strategi inkuiri harus diperhatikan, misalnya siapa peserta didiknya, apa matakuliahnya, dan kapan dilaksanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Minat Baca, Kemampuan Bertanya, Matakuliah Logika, Strategi Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 31 May 2018 07:28
Last Modified: 31 May 2018 07:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36859

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo