UMM Institutional Repository

MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA DI SMK

Effendi, Moh. Mahfud and Cholily, Yus Mochamad (2015) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA DI SMK. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2015, 1 Agustus 2015, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Peer Review - Cholily Effendi - Kurikulum SMK Matematika SMK Terintegrasi Model Piramida.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Cholily Effendi - Kurikulum SMK Matematika SMK Terintegrasi Model Piramida.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Certificate - Effendi - Kurikulum SMK Matematika SMK Terintegrasi Model Piramida.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cholily Effendi - Kurikulum SMK Matematika SMK Terintegrasi Model Piramida.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview

Abstract

Substansi kurikulum SMK dikelompokan menjadi pelajaran wajib dan keahlian. Matematika di SMK harus relevan dan terintegrasi dengan program keahliannya. Tetapi tuntutan UN, kurnas, Du/Di, dan SKKNI menyebabkan overload dan overlap materi ajar, bahkan materi yang diajarkan tidak relevan dengan program keahliannya, begitu sebaliknya. Agar pembelajaran matematika sesuai fungsinya maka diperlukan model pengembangan kurikulum terintegrasi. Untuk menemukan model tersebut memerlukan pendekatan dan teori dasar. Penelitian pengembangan ini bersifat longitudinal yang diawali dengan analisis kebutuhan, pendefinisian dan desain, uji validasi sehingga ditemukan model kurikulum. Penelitian hibah Dikti ini terdiri dari dua periode. Periode pertama difokuskan pada model kurikulum, kedua pada prosedur pengembangan SKL, SI, dan SP matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh “Model Piramida”, yang merupakan model konseptual yang menunjukan hubungan matematika, IPA, IPS, bahasa, dengan program keahlian, sedangkan volume piramida menunjukan beban belajar. Hubungan keempat komponen bersifat korelasi/separasi yang menopang keahliannya. Menopang tidaknya dilihat dari kesesuaian matematika dengan program keahliannya. Untuk itu, perlu analisis kebutuhan sehingga didapat SKL matematika, kemudian diurutkan yang didasarkan pada hirarki dan SKL program keahlian. Untuk pembuatan silabus/RPP matematika maka SKL tersebut dikembangkan menjadi indikator, SI, SP, dan alokasi/sebaran jam dalam semester. Model pengembangan kurikulum ini sangat efektif dan efisien jika melibatkan semua guru SMK yang bersangkutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords: Kurikulum SMK, Matematika SMK, Terintegrasi, dan Model Piramida
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 31 May 2018 04:42
Last Modified: 05 Jun 2018 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36847

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo