Effendi, Moh. Mahfud (2016) ANALISIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMK. In: Seminar Nasional Pendidikan 2016, 6 Agustus 2016, Universitas Muhammadiyah Malang.
|
Text
Peer Review - Effendi - Bahan ajar Matematika SMK Vokasional Terintegrasi.pdf - Published Version Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
Similarity - Effendi - Bahan ajar Matematika SMK Vokasional Terintegrasi.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Certificate - Effendi - Bahan ajar Matematika SMK Vokasional Terintegrasi.pdf - Published Version Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
Effendi - Bahan ajar Matematika SMK Vokasional Terintegrasi.pdf - Published Version Download (876kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika di SMK harus mendukung dan menopang pemahaman siswa terhadap tujuan program keahlian/vokasionalnya. Oleh karena itu bahan ajar matematika harus dikembangkan dan disinkronkan dengan kebutuhan program keahlian, tuntutan UN, kurikulum nasional, dan tingkatan kognitif siswanya. Agar hal tersebut tercapai maka pengembangan bahan ajar matematika ini harus diorganisasikan agar lingkup dan urutan penyampaian materi ajarnya tidak overlap dan overload dalam implementasinya. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan pengembangan bahan ajar matematika di SMK, khususnya bahan ajar yang dibuat guru MGMP matematika SMK Kota Malang. Dari hasil wawancara, selain banyaknya tuntutan tersebut dan sibuknya guru dengan berbagai kegiatan, guru merasa kesulitan dan cenderung menggunakan bahan ajar yang sudah ada terutama yang diterbitkan oleh pemerintah. Selain itu MGMP juga digunakan sebagai wadah pengembangan bahan ajar yang dimotori beberapa guru sebagai pengembang, dan hasilnya digunakan bersama untuk semua program keahlian. Bahan ajar yang digunakan adalah LKS, dan tidak semua guru membuat LKS. Berdasarkan hasil analisis terhadap dokumen LKS, materi ajar yang dikembangkan bersifat umum tidak terkait dengan program keahliannya termasuk soal-soalnya, sehingga dapat dikatakan LKS yang dibuat tidak terintegrasi dan tidak menopang program keahlian atau vokasionalnya. Jika demikian maka pembelajaran bermakna, serta fungsi dan tujuan pembelajaran matematika di SMK yang diharapkan tidak akan tercapai.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Without Proceeding) (Speech) |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar, Matematika SMK, Vokasional, dan Terintegrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | Atik Yuliawati |
Date Deposited: | 31 May 2018 04:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 06:37 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |