UMM Institutional Repository

Analisis Kesalahan Penalaran Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang Dalam Menyelesaikan Soal-soal Logika Dasar

Putri, Dea Tria and Effendi, Moh. Mahfud (2017) Analisis Kesalahan Penalaran Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang Dalam Menyelesaikan Soal-soal Logika Dasar. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017, 5 Agustus 2017, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Peer Review - Putri Effendi - Berpikir Matematis Logika Penalaran Kesalahan.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Putri Effendi - Berpikir Matematis Logika Penalaran Kesalahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Certificate - Effendi - Berpikir Matematis Logika Penalaran Kesalahan.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Effendi - Berpikir Matematis Logika Penalaran Kesalahan.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview

Abstract

Penalaran yang merupakan proses berpikir logis dan sistematis ini sangat diperlukan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa baru dalam menempuh mata kuliah. Oleh karena itu penalaran ini harus diajarkan di semester awal melalui mata kuliah Logika Dasar. Berdasarkan dari data hasil penilaian logika dasar menunjukkan penalarannya rendah. Hal ini banyak faktor yang mempengarui, tetapi yang paling penting adalah mengetahui tentang kesalahan penalaran. Atas dasar itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis kesalahan penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Logika Dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka menggunakan metode kualitatif interaktif, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dokumen dan wawancara. Data yang dihasilkan dari dokumen dikelompokkan menjadi tiga kategori penalaran, yaitu Tinggi, Sedang, dan Rendah berdasarkan Pengertian, Pernyataan, dan Penyimpulan. Dari ketiga kelompok tersebut diambil satu responden untuk diwawancarai terkait dengan hasil UAS yang dikerjakan. Berdasarkan analisis didapat bahwa mahasiswa dengan penalaran rendah sebanyak 36,7%, kategori penalaran sedang sebanyak 52,4%, dan kategori penalaran tinggi sebanyak 10,9%. Kesalahan penalaran yang dibuat oleh ketiga kelompok kategori tersebut bervariasi. Pada kelompok tinggi kesalahan yang dibuat lebih banyak pada pernyataan, pengertian, dan penyimpulan. Pada kelompok sedang kesalahan penalaran dari tinggi kerendah adalah pengertian, pernyataan, dan penyimpulan. Sedangkan kelompok rendah kesalahan penalaran yang dibuat dari besar kecil adalah penyimpulan, pernyataan, dan pengertian. Secara umum kesalahan penalaran ketiga kelompok tersebut adalah mulai dari pengertian, pernyataan, dan penyimpulan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords: Berpikir Matematis, Logika, Penalaran, Kesalahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 31 May 2018 04:18
Last Modified: 05 Jun 2018 06:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36844

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo