UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

PRASTIWI, EKA HARIS (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekaharispr-51735-1-pendahul-n.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekaharispr-51735-2-babi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekaharispr-51735-3-babii.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekaharispr-51735-4-babiii.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang pada materi IPA setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I pada tanggal 22 Maret dan 23 Maret 2017, siklus II pada tanggal 29 Maret 2017 dan 30 Maret 2017. Subyek penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan keterampilan proses siswa diketahui melalui lembar observasi keterampilan proses, sedangkan peningkatan hasil belajar diketahui melalui tes kemampuan kognitif setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keterampilan proses siswa meliputi mengamati, memprediksi, mengintepretasikan data, mengklasifikasi, mengukur, mencoba, menyimpulkan dan mengkomunikasikan data selalu mengalami peningkatan yaitu rata-rata keterampilan proses siklus I sebesar 70,8% sedangkan pada siklus II sebesar 85,8% dengan persentase peningkatan sebesar 21,2% kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,53 pada siklus I menjadi 83,23 pada siklus II dengan kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 84,6% menjadi 100% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310070311141
Keywords: Hasil Belajar IPA, Keterampilan Proses, Metode Praktikum, Model Pembelajaran Inkuiri
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 May 2018 02:53
Last Modified: 25 May 2018 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36822

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo