UMM Institutional Repository

HUBUNGAN HYGIENE SANITASI PRODUKSI DENGAN JUMLAH MIKROBA PADA PETIS HASIL OLAHAN DESA SUNGONLEGOWO KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK (SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERUPA LEAFLET)

ADAWIYAH, ROBI'ATUL (2017) HUBUNGAN HYGIENE SANITASI PRODUKSI DENGAN JUMLAH MIKROBA PADA PETIS HASIL OLAHAN DESA SUNGONLEGOWO KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK (SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERUPA LEAFLET). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-50030-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-50030-2-babi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-50030-3-babii.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-50030-4-babiii.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Makanan olahan yang memiliki bahan tamabahan petis seperti tahu campur, rujak, tahu telur dan makanan lainnya cukup digemari oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang khas. Di Desa Sungonlegowo Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik ini merupakan salah satu desa yang memiliki produk unggulan berupa petis. Rumah produksi petis di desa Sungonlegowo ini merupakan rumah industri berskala kecil menengah Berdasarkan hasil observasi awal di dapatkan hasil bahwa rumah produksi ini kurang memperhatikan hygiene sanitasi produksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan hygiene sanitasi produksi dengan jumlah mikroba pada petis. Penilaian hygiene sanitasi yang dilakukan berdasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 715/Menkes/SK/V/2003 dan untuk menguji jumlah mikroba dilakukan dengan Uji Total Plate Count. Penelian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan rancangan survei Cross Sectional. Dalam peneitian ini metode pengambilan data yang dilakukan ada dua yaitu dengan cara observasi dan melakukan uji laboratorium. Untuk mengetahui hubungan antar dua variabel tersebut maka dilakukan uji ananlisis Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dari 8 sampel yang telah diambil dari rumah produksi yang telah dilakukan observasi hygiene sanitasi produksinya didapatkan hasil bahwa yang memiliki nilai tertinggi adalah rumah produksi A dengan skor 35 dan jumlah mikroba yang ditemukan sebanyak 5,2 x 103 koloni/gr sedangkan untuk nilai hygiene sanitasi yang terendah adalah rumah produksi G dengan skor 17 dan jumlah mikroba yang ditemukan sebanyak 4,9 x 106 koloni/gr. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji Product Moment didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara hygiene sanitasi produksi dengan jumlah mikroba dalam petis hasil olahannya. Hubungan yang terjadi berupa hubungan yang negatif artinya semakin rendah hygiene sanitasi produksi maka semakin tinggi jumlah mikroba yang terdapat pada petis hasil dari produksi tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310070311048
Keywords: Petis, hygiene sanitasi produksi, uji TPC
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 May 2018 02:35
Last Modified: 24 May 2018 02:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36813

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo