UPAYA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT MISKIN (Studi di RSD Dr.H.Moh Anwar Kabupaten Sumenep)

ANGGA KUSUMA, YUDI (2007) UPAYA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT MISKIN (Studi di RSD Dr.H.Moh Anwar Kabupaten Sumenep). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
REFORMASI_PELAYANAN_PUBLIK_DALAM_RANGKA_PENINGKATANINVESTASI_DI_KOTA_PROBOLINGGO.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

RSD Dr.H.Moh Anwar Kabupaten Sumenep merupakan rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Sumenep dan merupakan salah satu sarana pertolongan serta pemberian pelayanan dalam bidang kesehatan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin di daerah Kabupaten Sumenep, Mengingat rumah sakit adalah lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan, Memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan. Oleh karena itu RSD Dr.H.Moh Anwar Kabupaten Sumenep dituntut bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu terhadap masyarakat miskin sesuai dengan standart yang ditetapkan dan dapat dijangkau semua lapisan masyarakat terutama masyarakat miskin. Sebagaimana diamanatkan Konstitusi dan Undang-Undang, bahwa Pemerintah mempunyai kebijakan untuk lebih menfokuskan pada pelayanan kesehatan masyarakat miskin. Mutu pelayanan kesehatan harus didukung oleh kualitas sarana fisik, jenis tenaga yang tersedia, obat, alat kesehatan dan sarana penunjang lainnya dan proses pemberian pelayanan serta harapan masyarakat khususnya masyarakat miskin. Dengan demikian, maka peningkatan kualitas fisik serta faktor-faktor tersebut diatas harus segera dipenuhi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu dengan melakukan penggambaran dan menguraikan atau menjelaskan keadaan yang sebenarnya terjadi berdasarakan fakta dan berusaha mencari jalan pemecahannya. Penelitian deskriptif dimaksukan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan mendiskripsikan sejumlah variable yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke lapangan, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu berusaha mengambarkan datadata yang ada sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat kita lihat bahwa upaya RSD Dr.H.Moh Anwar Sumenep dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat miskin yaitu sosialisasi pada masyarakat seperti memberikan penjelasan tentang persyaratan untuk menjadi pasien program jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat miskin dan juga pelayanan kesehatan yang diberikan dilakukan secara terstuktur dan bertahap yang berindikasi medis sesuai dengan pedoman pelaksanaan penyelengaraan pelayanan kesehatan masyarakat miskin, peningkatan kualitas tenaga medis dan tenaga administrasi, Peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas palayanan masyarakat miskin serta peningkatan pelayanan pengaduan masyarakat miskin. Dan upaya RSD Dr.H.Moh Anwar Sumenep tersebut dapat dikatakan baik, hal tersebut ditandai dengan berbagai peningkatan-peningkatan yang dilakukan didalam tubuh rumah sakit baik fisik maupun non fisik uintuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat miskin, tetapi dalam pelaksanaanya masih ada hambatan yang dihadapi oleh RSD Dr.H.Moh Anwar Sumenep dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat miskin yaitu kualitas tenaga non medis yang kurang memadai kurang profesional dan memiliki komitmen tinggi dalam memberi pelayanan kesehatan yang berorientasi kepada pencapaian hasil nilai yang tinggi serta belum memberikan hasil yang memuaskan terbukti adanya keluhan atau indeks ketidakpuasan masyarakat miskin dalam proses mendapatkan pelayanan kesehatan. pemanfaatan sarana dan prasarana yang kurang optimal dan minimnya anggaran dana rumah sakit. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan sudah sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor I Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan Aparatur Kepada Masyarakat. dan keputusan Men – PAN Nomor: Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan masyarakat.dan standart pelayanan minimal RSD walaupun masih banyak hambatan tetapi diharapkan untuk masa yang akan datang rumah sakit bisa meningkatkanpelayanan secara optimal dan melakukan upaya dalam menghadapi kendala-kendala yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 08:31
Last Modified: 01 May 2012 08:31
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item