UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia)

Pangestu, Angger Rilo Tio (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-2-babi.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-4-babiii.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab yang dilakukan perusahaan akibat dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan, tanggung jawab tersebut meliputi tanggung jawab sosial, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sampel pada penelitian ini adalah 50 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah CSR (X) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas (Y) yang diproksikan dengan ROA, ROE, dan NPM. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA, ROE, dan NPM. CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai t hitung 4,387 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 28,6%. CSR berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai t hitung 3,597 pada tingkat signifikansi 0,001 dan nilai koefisien determinasi sebesar 21,2%. CSR berpengaruh signifikan terhadap NPM dengan nilai t hitung 5,739 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 40,7%.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 May 2018 04:25
Last Modified: 08 May 2018 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo