UMM Institutional Repository

ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN COST REDUCTION PADA PT. EKA BANGUN NAGARI

Prayogo, Tiyo (2018) ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN COST REDUCTION PADA PT. EKA BANGUN NAGARI. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiyoprayog-50902-1-pendahul-n.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiyoprayog-50902-2-babi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiyoprayog-50902-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiyoprayog-50902-4-babiii.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis di provinsi Jawa timur khusunya daerah Malang pada bidang properti atau perumahan khususnya segmen kalangan menengah ke bawah ini sangat berkembang dan meningkat setiap tahunya. Dengan adanya fenomena ini mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antara investor atau pengembang dikarenakan meningkatnya jumlah kebutuhan masyarakat akan rumah atau tempat tinggal yang layak dengan harga yang terjangkau, sehingga mendorong perusahaan untuk mempunyai dan mengembangkan strategi yang efisien dan efektif agar dapat bertahan sekaligus mempunyai keunggulan kompetitif dalam industry properti. Pendekatan strategi yang akan dipakai adalah analisis value chain, dimana dalam analisis value chain dapat digunakan sebagai alat analisis stratejik yang digunakan untuk memahami secara lebih baik terhadap keunggulan kompetitif, dimana perusahaan dapat meningkatkan nilai tambah (value added) maupun penurunan biaya sehingga dapat membuat usaha lebih kompetitif. Berdasarkan laporan Laba Rugi tahun 2014, prosentase biaya terhadap penjualan yang terjadi pada PT. Eka Bangun Nagari sebesar 54%. Hal ini menunjukan bahwa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih besar dibandingkan penjualan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan membahas mengenai peranan Analisis Value Chain sebagai alat untuk melakukan cost reduction pada PT. Eka Bangun Nagari. Analisis value chain membantu perusahaan untuk mengetahui aktivitas-aktivitas mana yang memberikan nilai tambah dan berpotensi memberikan pengurangan biaya atau cost reduction bagi perusahaan sehingga dapat mencapai keunggulan kompetiitif. Dari hasil analisis aktivitas yang telah dilakukan terhadap aktivitas-aktivitas yang dilakukan perusahaan, masih terdapat aktivitas yang tidak bernilai tambah yang menimbulkan non value added cost. Aktivitas tersebut adalah aktivitas penyimpanan bahan baku di gudang bahan baku, pemindahan bahan baku ke ruang produksi dan perawatan produk jadi. Peningkatan efisiensi biaya pada PT. Eka Bangun Nagari dapat dilakukan dengan mereduksi biaya yang tidak mempunyai nilai tambah. Dengan demikian, target reduksi biaya 10% pada tahun pertama akan menciptakan efisiensi biaya sebesar Rp. 207.173.775.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 May 2018 02:29
Last Modified: 07 May 2018 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36618

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo