UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI DESCRIPTIVE TEXT DENGAN IMAGINARY VISUALIZATION DAN COLLABORATIVE APPROACH

Lestiono, Riski (2017) IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI DESCRIPTIVE TEXT DENGAN IMAGINARY VISUALIZATION DAN COLLABORATIVE APPROACH. Erudio (Journal of Educational Innovation), 3 (2). pp. 1-12. ISSN 2549-8673

[img]
Preview
Text
Peer Review - Lestiono - Lesson study lively visual imagination collaborative approach.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Lestiono - Lesson study lively visual imagination collaborative approach.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lestiono - Lesson study lively visual imagination collaborative approach.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Dalam studi ini, Lesson Study (LS) diimplementasikan pada Mata kuliah Reading Comprehension III.Lesson Study (LS) ini mengangkat pokok bahasan descriptive texs (teks deskripsi) yang memuat banyak sekali ungkapan yang menggambarkan suatu objek: kata sifat (adjectives) serta majas (figurative speeches) untuk mencapai tujuan deskripsi secara hidup (vivid description). Descriptive text mengasah mahasiswa untuk mampu memiliki imaginasi visual yang hidup (lively visual imagination) tentang objek yang digambarkan dalam balutan bahasa. Kegiatan LS yang dilakukan sebanyak 2 openlessons (pengulangan tahap Plan, Do, dan See) ini semuanya diarahkan pada peningkatan kemampuannya dalam memahami bacaan, dalam hal ini descriptive text, menguasai kosa kata baru dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan topik bacaan, menggambarkan deskripsi secara verbal di dalam bacaan menjadi deskripsi visual (gambar) yang berdampak positif pada minat dan ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran, serta menganalisis berbagai macam majas (figurative speeches). Aktifitas dilaksanakan dengan collaborative approach di mana siswa bekerja secara berkelompok untuk menyelesaikan project sesuai tema teks deskripsi. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yaitu pemahaman, memvisulakan deskripsi dalam bacaan, serta menganalisis berbagai macam majas (figurative speeches) yang mewarnai descriptive text. Akhirnya, studi ini merekomedasikan formulasi integrasi LS pada setiap desain pembelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Lesson study, lively visual imagination, collaborative approach
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 04 May 2018 03:55
Last Modified: 25 May 2018 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36604

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo