UMM Institutional Repository

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA BALAI BESAR INSEMINASI BUATAN SINGOSARI

SUCIHATI, TSULUCIA (2018) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA BALAI BESAR INSEMINASI BUATAN SINGOSARI. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tsuluciasu-51623-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tsuluciasu-51623-2-babi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tsuluciasu-51623-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tsuluciasu-51623-4-babiii.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran tentang kejadian-kejadian yang berkaitan dengan system pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas. Analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah system pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas pada Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari sudah sesuai dengan unsur-unsur pengendalian internal yang baik, yaitu struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, system dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas, praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi dari setiap unsur organisasi dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas dalam struktur organisasi belum baik, karena terdapat perangkapan tugas. Sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas sudah dilaksanakan dengan baik, praktek yang sehat yang terkait dengan penerimaan dan pengeluaran kas cukup baik, dan karyawan yang sesuai dengan mutunya sudah sesuai dengan tanggung jawabnya. Meskipun sistem pengendalian internal pada Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari sudah cukup baik akan tetapi terdapat kelemahan pada bagian penerimaan dan pengeluaran kas, yaitu tidak adanya pemisahan fungsi yang tegas terhadap fungsi akuntansi dan fungsi keuangan. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka penulis menyarankan agar fungsi akuntansi dan fungsi keuangan pada bendahara penerimaan dan pengeluaran dipisah agar dapat memaksimalkan kinerja bendahara.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:07
Last Modified: 09 Apr 2018 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36368

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo