UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT AGRIBISNIS MELALUI PENGUATAN MODAL USAHA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN (Studi Kasus Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Sekarmojo)

Lestari, Helyra Maya (2017) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT AGRIBISNIS MELALUI PENGUATAN MODAL USAHA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN (Studi Kasus Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Sekarmojo). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helyramaya-48438-1-pendahul-n.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helyramaya-48438-2-babi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helyramaya-48438-3-babii.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helyramaya-48438-4-babiii.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Permasalahan mendasar yang dihadapi petani adalah kurangnya akses pada sumber permodalan, pasar dan teknologi, serta organisasi tani yang masih lemah. Salah satunya ditempuh melalui pendekatan mengembangkan usaha agribisnis dan memperkuat kelembagan pertanian di perdesaan, dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja di perdesaan. Adanya pemasalahan tersebut, pemerintah mencanangkan program jangka menengah yang fokus pada pembangunan pertanian perdesaan yaitu Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP), program ini menyalurkan dana PUAP ke desa atau Gapoktan, yang diterima masing-masing Gapoktan sebesar Rp.100 juta. Penelitian dilakukan pada Kelompok Tani Usaha Bersama di Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyaluran dana bantuan program PUAP kepada Kelompok Tani dan untuk mengetahui keberhasilan PUAP melalui Strategi Pemberdayaan Masyarakat Agribisnis Melalui Penguatan Modal Usaha Kelompok Tani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan Metode Importance-Performance Analysis (IPA) diperlukan dalam penelitian ini guna menjelaskan faktor-faktor dalam program PUAP yang berpengaruh terhadap keberlanjutan program pengembangan usaha agribisnis perdesaan (PUAP). Hasil penelitian menjelaskan dana PUAP yang disalurkan ke Gapoktan selanjutnya akan dibagi rata sesuai dengan jumlah Kelompok Tani yang ada di Desa Sekarmojo. Sementara itu pada Kelompok Tani Usaha Bersama program dana PUAP dapat dikatakan membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. PUAP juga sangat membantu petani maupun anggota kelompok tani dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi usaha tani serta pendapatan petani itu sendiri. Selain itu, peran Penyuluh Pendamping dan pertemuan kelompok atau kegiatan rutin, sangat berpengaruh pada indikator keberhasilan pelaksanaan PUAP, selanjutnya untuk faktor penghambatnya ialah adanya suku bunga pada peminjaman dana modal PUAP yang dianggap memberatkan petani dan anggota kelompok tani penerima dana PUAP.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:37
Last Modified: 05 Apr 2018 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36351

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo