UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN TENAGA KERJA OUTSOURCING PADA SEKTOR PERBANKAN DITINJAU DARI PASAL 4 AYAT (3) PERATURAN OJK NO. 9/PJOK.03/2016 TENTANG PRINSIP KEHATI-HATIAN BAGI BANK UMUM YANG MELAKUKAN PENYERAHAN SEBAGIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN KEPADA PIHAK LAIN ( Studi Di Bank BRI Kantor Cabang Malang Martadinata )

PUSPANINGRUM, SISCHA ANDRIANI (2017) PENGGUNAAN TENAGA KERJA OUTSOURCING PADA SEKTOR PERBANKAN DITINJAU DARI PASAL 4 AYAT (3) PERATURAN OJK NO. 9/PJOK.03/2016 TENTANG PRINSIP KEHATI-HATIAN BAGI BANK UMUM YANG MELAKUKAN PENYERAHAN SEBAGIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN KEPADA PIHAK LAIN ( Studi Di Bank BRI Kantor Cabang Malang Martadinata ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sischaandr-47956-1-pendahul-n.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sischaandr-47956-2-babi.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sischaandr-47956-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sischaandr-47956-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Tenaga Kerja Outsourcing kini telah merambah ke dunia perbankan. Aturan mengenai outsourcing pada sektor perbankan adalah Peraturan OJK No. 9/PJOK.03/2016 tentang Prinsip Kehati-hatian Bagi Bank Umum Yang Melakukan Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada Pihak Lain. Permasalahan yang penulis ambil adalah apakah penggunaan tenaga kerja outsourcing sudah sesuai dengan ketentuan peraturan OJK pasal 4 ayat (3) dan yang kedua adalah apa akibat hukum yang dapat diterima oleh bank dana pekerja outsourcing ketika penerapannya tidak sesuai dengan peraturan OJK tersebut. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dan memilih tempat penelitian di BRI Cabang Malang Martadinata. Hasil penelitian yang sudah dilakukan penulis, penulis menemukan fakta bahwa di bank BRI cabang Malang Martadinata masih menggunakan tenaga kerja outsourcing pada bidang pekerjaan back office yang meliputi bidang pekerjaan pelayanan dan bidang pekerjaan IT. Kedua bidang pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan pokok pada alur kegiatan pendukung usaha bank yang mana di dalam peraturan ojk dilarang untuk di outsourcingkan. Sanksi yang seharusnya diterima oleh pihak bank sendiri adalah dapat berupa teguran tertulis, penurunan kesehatan bank, dan pembekuan sebagian kegiatan usaha, sedangkan pekerja outsourcing sendiri adalah berkaitan dengan kontrak kerja dan status pekerja yaitu harus berubah menjadi kontrak kerja langsung dengan pihak bank dan berubah ststusnya menjadi pekerja kontrak. Pada kenyataanya sanksi tersebut belum diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:39
Last Modified: 12 Jan 2018 03:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36262

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo