UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PASAL 4 AYAT (2) HURUF A DAN B PERATURAN WALIKOTA BATU NOMOR 19 TAHUN 2014 TENTANG TUGAS UPT PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK (Studi di UPT Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Batu)

FAHRIADI, ARIF (2017) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PASAL 4 AYAT (2) HURUF A DAN B PERATURAN WALIKOTA BATU NOMOR 19 TAHUN 2014 TENTANG TUGAS UPT PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK (Studi di UPT Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariffahria-47468-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariffahria-47468-2-babi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariffahria-47468-3-babii.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariffahria-47468-4-babiii.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka jumlah limbah yang dihasilkan juga akan bertambah, sehingga berpotensi memberi dampak pada penurunan kondisi kualitas lingkungan hidup hingga mengakibatkan pencemaran. Pencemaran lingkungan hidup yang terjadi di Kota Batu salah satunya karena Air Limbah Domestik. Penelitian ini mengambil rumusan masalah bagaimana efektivitas pelaksanaan Pasal 4 Ayat (2) Huruf a dan b Peraturan Walikota Batu Nomor 19 Tahun 2014 Tentang Tugas UPT Pengelolaan Air Limbah Domestik, dan apa saja kendala yang dihadapi dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan Walikota ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan dan data sekunder dari studi pustaka dan peraturan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa obsevasi, wawancara, studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan studi internet. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menganalisa berdasarkan Teori Efektivitas Hukum yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto, yang mana tolak ukurnya berdasarkan lima hal, yaitu Faktor Hukum, Faktor Penegak Hukum, Faktor Sarana atau Fasilitas pendukung, Faktor Masyarakat, dan Faktor Kebudayaan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan Pasal 4 Ayat (2) Huruf a dan b Peraturan Walikota Batu Nomor 19 Tahun 2014 Tentang Tugas UPT Pengelolaan Air Limbah Domestik ini masih belum efektiv karena terdapat beberapa kendala, diantaranya factor penegak hukum yang masih kurang dari seharusnya, kemudian factor Sarana dan Prasarana yang belum lengkap karena UPT PALD Kota Batu masih belum memiliki IPAL dan Instalasi Skala Kota, selanjutnya factor Masyarakat yang masih banyak belum memiliki dan menggunakan Septic Tank Standar, dan yang terkhir factor Budaya karena masih ada beberapa kelompok yang melakukan aktifitas sehari-hari disungai seperti buang air, mandi, dan mencuci. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar pemerintah Kota Batu segera melengkapi sarana dan prasarana yang masih belum ada serta segera melengkapi pegawai yang masih kurang, disisi lain Masyarakat Kota Batu juga diharapkan segera memiliki dan menggunakan Septic Tank Standar agar pencemaran dari Air Limbah Domestik dapat teratasi denganbaik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:57
Last Modified: 11 Jan 2018 02:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36241

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo