UMM Institutional Repository

KAJIAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN KENDARAAN PRIBADI DALAM KONVOI SUPORTER BOLA AREMANIA (Studi di Polres Kota Malang )

PRATIWI, MELLYNDAH OKA (2017) KAJIAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN KENDARAAN PRIBADI DALAM KONVOI SUPORTER BOLA AREMANIA (Studi di Polres Kota Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mellyndaho-47551-1-pendahul-n.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mellyndaho-47551-2-babi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mellyndaho-47551-3-babii.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mellyndaho-47551-4-babiii.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga yang sudah sangat mendunia termasuk di Indonesia, namun dibalik kegemaran masyarakat yang tinggi tersebut tanpa disadari banyak hal yang telah melanggar hukum salah satunya adalah Pengrusakan yang dilakukan oleh Suporter Bola Aremania dengan segala causa yang melatarbelakanginya. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi maka didalam penulisan hukum ini penulis mengangkat rumusan masalah berupa apa saja faktor yang melatarbelakangi terjadinya konvoi yang berakhir dengan pengrusakan, upaya-upaya yang dilakukan oleh kepolisian dalam menangani perkara tersebut serta kendala-kendala apa yang dialami oleh pihak kepolisian dalam menangani pekara yang ditimbulkan oleh suporter bola Aremania ini. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Yuridis Sosiologis dan tekhnik pengumpulan data berupa wawancara dengan responden yaitu Anggota Pidana Umum Polres Kota Malang yang kemudian data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan jawaban faktor yang menyebabkan terjadinya pengrusakan oleh suporter bola tersebut adalah karena pengaruh alkohol, fanatisme suporter yang tinggi dan karena adanya provokasi dari pihak tertentu sedangkan upaya kepolisian dalam menyelesaikan kasus pengrusakan ini dilakukan dengan tindakan Preventif dan Represif dan kendala yang dialami kepolisian dalam menangani perkara pengrusakan ini adalah karena kurangnya jumlah Sumber Daya Manusia, kurangnya kesadaran diri akan hukum dan kurangnya pengetahuan tentang berkonvoi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tindak pidana pengrusakan oleh suporter bola Aremania ini terjadi tidak hanya karena kurangnya pengawasan polisi namun juga kurangnya kesadaran diri dari para suporter itu sendiri sehingga dibutuhkan saran untuk menekan jumlah angka kejahatan yang serupa yaitu dengan cara menambah jumlah Sumber Daya Manusia dalam pengawasan konvoi dan mensosialisasikan kepada masyarakat cara berkonvoi yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:07
Last Modified: 10 Jan 2018 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36229

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo