UMM Institutional Repository

PING-PONG SEBAGAI ALAT DIPLOMASI TIONGKOK

PUSPARINI, MIRANDA AYU (2017) PING-PONG SEBAGAI ALAT DIPLOMASI TIONGKOK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirandaayu-49628-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirandaayu-49628-2-bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirandaayu-49628-3-bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirandaayu-49628-4-bab3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ping-pong merupakan Olahraga Nasional Tiongkok dan merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Hal ini menjadi tantangan bagi Tiongkok untuk dapat mempertahankan Olahraga Nasional tersebut yang sebenarnya berasal dari negara lain. Tiongkok ingin menciptakan citra yang baik dalam pandangan negara lain melalui ping-pong. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Ping-Pong menjadi alat diplomasi olahraga Tiongkok. Konsep yang digunakan adalah diplomasi olahraga yang merupakan bagian dari diplomasi publik, dimana olahraga dapat menjadi instrumen politik suatu negara untuk melakukan diplomasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah diplomasi olahraga Tiongkok menggunakan ping-pong dicapai melalui event-event olahraga yang diadakan di dalam maupun di luar Tiongkok. Pada event-event tersebut, Tiongkok selalu menjadi pemenang sehingga dinobatkan sebagai juara dunia ping-pong dan mempengaruhi pandangan negara lain terhadap Tiongkok. Hal ini sesuai dengan konsep diplomasi olahraga menurut Laverty dan Grix yaitu negara dapat menggunakan olahraga sebagai alat diplomasi melalui kemenangan pada event olahraga yang menjadi sarananya. Kesimpulannya, Tiongkok berhasil menggunakan ping-pong sebagai alat diplomasi dengan membentuk citra juara dunia dan menunjukkan kekuatan yang dimiliki negaranya melalui ping-pong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:34
Last Modified: 09 Jan 2018 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36204

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo