UMM Institutional Repository

APLIKASI ANGKOT MOBILE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

Aksama, Gusara Mita (2017) APLIKASI ANGKOT MOBILE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gusaramita-49993-1-pendahul-n.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gusaramita-49993-2-babi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gusaramita-49993-3-babii.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gusaramita-49993-4-babiii.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Angkutan Kota atau yang biasa disingkat angkot adalah salah satu alat transportasi publik yang mulai berkurang peminatnya. Banyak keluhan terhadap transportasi publik ini salah satunya adalah calon penumpang seringkali menunggu lama dan kesusahan dalam mencari angkot terutama calon penumpang yang berada di daerah pinggiran kota, perkampungan, dan perumahan. Hal tersebut karena kurangnya informasi tentang ketersediaan angkot di jalan. Aplikasi angkot mobile adalah aplikasi berbasis android yang dapat menampilkan data dari lokasi angkot yang ada di sekitar calon penumpang. Data tersebut akan diupdate dengan interval waktu 10 detik. Data yang ditampilkan adalah nomor angkot, lokasi angkot, jumlah penumpang, dan estimasi waktu kedatangan angkot. Aplikasi ini mendapatkan data nomor angkot, jumlah penumpang, dan lokasi dari database yang tersimpan dalam website. Beberapa data yang ada di dalam website didapatkan dari sebuah alat mikrokontroler yang terpasang pada angkot melalui internet. Alat tersebut dapat mengambil koordinat dari lokasi angkot dan juga menghitung jumlah penumpang di dalamnya. Data lokasi yang diambil berupa koordinat latitude dan longitude yang nantinya ditampilkan dalam bentuk marker pada map. Marker untuk angkot berwarna merah sedangkan posisi user berwarna biru. Informasi pada marker akan muncul saat user menekan marker. Informasi yang akan muncul yaitu nomor angkot, jumlah penumpang, dan estimasi waktu kedatangan angkot sesuai jarak antara user dan angkot. Dengan aplikasi tersebut calon penumpang dapat mengetahui lokasi angkot terdekat sehingga calon penumpang dapat memperkirakan waktu kedatangan angkot.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:33
Last Modified: 29 Dec 2017 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36089

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo