UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN FACEBOOK API UNTUK PENGINFORMASIAN AKTIVITAS PERKULIAHAN PADA GRUP FACEBOOK INFORMATICS ENGINEERING - UMM

Al Ma'ruf, Mohammad Iqbal (2017) PEMANFAATAN FACEBOOK API UNTUK PENGINFORMASIAN AKTIVITAS PERKULIAHAN PADA GRUP FACEBOOK INFORMATICS ENGINEERING - UMM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadiq-47942-1-pendahul-n.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadiq-47942-2-babi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadiq-47942-3-babii.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadiq-47942-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang menggunakan grup Facebook untuk menyebarkan informasi kepada mahasiswa. Informasi yang disebarkan melalui grup tersebut tidak fokus terhadap informasi perkuliahan saja, namun informasi secara umum yang berkaitan dengan teknik informatika. Maka dari itu dibuat aplikasi untuk menampung informasi yang hanya memberikan informasi berkaitan dengan perkuliahan saja yang berada di grup Facebook Informatics Engineering-UMM dengan mengimplementasikan Facebook API untuk mendapatkan informasi tersebut. Algoritma Na-ve Bayes Classifier merupakan algoritma yang digunakan untuk mencari nilai probabilitas yang tinggi untuk mengklasifikasikan data testing pada kategori yang paling tepat. Dalam penelitian ini yang menjadi data testing adalah data status. Ada dua tahap pada klasifikasi data status. Tahap pertama adalah pelatihan terhadap data yang sudah diketahui kategorinya. Sedangkan tahap kedua adalah proses klasifikasi data yang belum diketahui kategorinya. Aplikasi ini telah mampu melakukan proses klasifikasi informasi perkuliahan secara otomatis menggunakan algoritma Na-ve Bayes Classifier berdasarkan data status pada grup Facebook Informatics Engineering-UMM. Hasil rata-rata dari pengujian akurasi sistem yang dibangun (80,4%), presisi sebesar (77,4%), dan nilai recall sebesar (98,1%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Dec 2017 10:05
Last Modified: 16 Jan 2018 09:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36071

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo