UMM Institutional Repository

Aplikasi Pendataan Dan Pemetaan Tenaga Kerja Berbasis Mobile (Studi Kasus Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Pasuruan)

Putra, Bragas Susyanto (2017) Aplikasi Pendataan Dan Pemetaan Tenaga Kerja Berbasis Mobile (Studi Kasus Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bragassusy-47693-1-pendahul-n.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bragassusy-47693-2-babi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bragassusy-47693-3-babii.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bragassusy-47693-4-babiii.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Pengangguran merupakan istilah untuk seseorang yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, dan sedang mempersiapkan usaha. Pengangguran salah satu masalah kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, seperti kurangnya lapangan pekerjaan, kurangnya sosialisasi antara para pencari kerja dengan instansi pemerintah atau perusahan yang membuat sulitnya pemberian informasi pekerjaan. Salah satu instansi pemerintah yang menaungi persoalan tenaga kerja ini yaitu Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi. Namun kesulitan dalam pendataan dan pemberian informasi yang masih secara manual, menjadi pemicu banyaknya pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi pendataan dan pemetaan tenaga kerja berbasis mobile. Metode pengujian yang digunakan adalah Black Box, User Acceptance Test (UAT) dan Kuesioner. Berdasarkan pengujian fungsional didapatkan hasil semua fungsi berjalan dengan benar, begitu juga dengan hasil pengujian kuesioner pada 20 responden pengguna aplikasi pendataan dan pemetaan tenaga kerja. Hasil total skor dari responden sebesar 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa petugas dan pencari kerja terbantu dengan adanya aplikasi pendataan dan pemetaan tenaga kerja berbasis mobile, yang berisikan fitur-fitur untuk mempermudah dalam pendataan dan pemberian informasi lowongan pekerjaan. Sehingga mengurangi angka pengangguran di kota Pasuruan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:18
Last Modified: 21 Dec 2017 04:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36040

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo