UMM Institutional Repository

USULAN MINIMASI PRODUK CACAT PADA PROSES PRODUKSI DENGAN KONSEP SIX SIGMA (Studi Kasus : PT. Kampung Coklat)

JUN B, LUBNATUS SIFAK (2017) USULAN MINIMASI PRODUK CACAT PADA PROSES PRODUKSI DENGAN KONSEP SIX SIGMA (Studi Kasus : PT. Kampung Coklat). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lubnatussi-50357-1-pendahul-n.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lubnatussi-50357-2-babi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lubnatussi-50357-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lubnatussi-50357-4-babiii.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Pengendalian proses produksi yang dilakukan sebagai salah satu strategi pengendalian mutu diharapkan dapat meningkatkan mutu produk coklat milk 45 gr pada PT. Kampung Coklat, sehingga mampu bersaing dengan produsen lain yang memproduksi coklat. Selama ini, sering terjadi masalah pada proses produksi seperti coklat patah, berongga, bentuk dan ukuran tidak sesuai. Informasi mengenai seberapa besar proses tersebut telah bekerja dengan baik bagi perusahaan, dapat diperoleh dengan mengukur besarnya nilai sigma dengan menggunakan metode Six Sigma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi coklat masih bekerja dengan cukup baik dan berada di atas rata-rata industri Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai sigma yang di dapat yaitu 3,7. Akan tetapi, masih perlu dilakukan perbaikan proses untuk menuju target 6 sigma. Berdasarkan gambar diagram sebab akibat, faktor yang mempengaruhi coklat patah, berongga, bentuk dan ukuran tidak sesuai adalah faktor manusia, metode, mesin, dan bahan baku. Permasalahan getaran yang kurang sempurna, peletakan cetakan tidak tepat, komposisi lemak kurang sesuai, tinggi cetakan yang tidak sesuai, tinggi tumpukan yang tidak teratur, tekan yang diberikan terlalu besar, permukaan plstik yang tidak rata, frekuensi inspeksi kurang, belum ada standar inspeksi dan terburu-buru menjadi prioritas utama untuk segera dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Dec 2017 11:37
Last Modified: 20 Dec 2017 11:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36035

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo