PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIFASI DAN PRESATASI SISWA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS II BELAJAR SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU BATU

AMINAH SAING, SITI (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIFASI DAN PRESATASI SISWA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS II BELAJAR SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_KONSTRUKTIVISTIK_UNTUK_MENINGKATKAN_MOTIFASI_DAN_PRESATASI_SISWA_POKOK_BAHASAN_FOTOSINTESIS_KELAS_II_BELAJAR_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_BATU.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 06 Dau masih menggunakan metode ceramah. Belum menggunakan kooperatif konstruktivistik. Dalam pembelajaran kooperatif tersebut siswa ada yang mendominasi kegiatan, sehinngga siswa tidak aktif secara keseluruhan. Siswa memperoleh pengetahuan dengan cara menghafal bukan dari menghubungkan pemehamannya dengan siswa baru. Pembelajaran kooperatif konstruktivistik merupakan suatu proses pembelajaran, dimana siswa bekerja dalam kelompok heterogen dalam membangun konsep pengetahuan menggunkan tahapan siklus belajar. Jadi dalam pembelajaran kooperatif konstruktivistik siswa dalam membangun konsep pengetahuan dituntut melakukan suatu kegiatan langsung melalui kerjasama secara kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motifasi dalam prestasi belajar biologi siwa SMP Muhammadiya 06 Dau melalui pembelajaran kooperatif konstruktivistik. Data akitfitas belajar adalah aktifitas belajar kooperatif yang diperoleh melalui observasi dengan menggunaka lembar aktifitas belajar kooperatif siiswa yang terdiri dari lima elemen kooperatif yaitu 1)entraksi tatap muka, 2)saling ketergantungan positif, 3)akuntabilitas individual, 4)ketrempilan menjalin hubunga antar pribadi dan 5)refleksi.data motifasi diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi yang terdiri dari 1)keaktifan, 2)keantusiasan, dan 3)keceriaan.data kooperatif konstruktivistik adalah siklus belajar dalam kelas kooperatif diperole melalui jurnal guru dan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan tes yang dilaksanakan pad adalah setiap akhir siklus.analisis data untuk penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dengan tiga siklus.setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1)perencanaan tindakan, 2)tindakan, 3)pangamatan, dan 4)refleksi. Peneletian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 06 Dau pada semester gasal tahun 2006/2007 bulan september 2006.subyek penelitian siswa kelas II Belajar yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki laki dan 6siwa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motifasi belajar pada siklus I sebasar 53,32 %,pada siklus II sebesar 69,32%.sedankan pada siklus III sebesar 76,91%.sehingga terjaadi peningkatan motifasi belajar siswa sebasar 7,59%.pada siklus I masih terdapat 10 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 43,42% dengaan skor diatas 65.padaa siklus II ada 18 siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 78,26%.sedangkan pada siklus III terdapat 19 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 82,611%.berarti prestasi belajar siswa dari tiap siklus mengalami peningkatan. Kesimpulan daari penilitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif konstruktivistik yaitu melalui tahapan siklus belajar dan mengunakn lima elemen kooperatif dapat menigkatkan motifasi dan perestasi belajar biologi siswa kelas II B semester I SMP Muhammadiyah 06 Dau Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dosaarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif konstruktivistik esbaagai salah satu alternatif pilihan metode yang dapat meningkatkan motifasi dan prestasi belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 06:50
Last Modified: 01 May 2012 06:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3603

Actions (login required)

View Item View Item