UMM Institutional Repository

ANALISA POSTUR KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OWAS PADA PEGAWAI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Djaini, Zulkifli (2017) ANALISA POSTUR KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OWAS PADA PEGAWAI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulkiflidj-48141-1-pendahul-n.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulkiflidj-48141-2-bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulkiflidj-48141-3-bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulkiflidj-48141-4-bab3.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Proses Pelayanan yang dilakukan oleh karyawan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang adalah, pengisian Front Office, Check-out buku yang dipinjam, pelayanan pengembalian dan perpanjangan buku, Sortir Buku serta penyusunan buku kembali ke rak. Pada beberapa proses pelayanan tersebut, proses sortir buku dan penataan buku ke rak menimbulkan keluhan pada bagian tangan, punggung dan kaki. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode OWAS untuk mengetahui apakah sikap kerja yang dilakukan oleh pegawai perpustakaan memang memiliki resiko menimbulkan cedera atau pergawai perpustakaan. Dari hasil analisis OWAS pada tiap bagian kerja didapatkan hasil yaitu bagian pengisian Front Office dengan nilai kategori 2, bagian Check-out buku yang dipinjam dengan nilai kategori 2, bagian pengembalian dan perpanjangan buku dengan nilai kategori 1, bagian kerja Sortir Buku dengan nilai kategori 3, bagian penyusunan buku kembali ke rak bagian bawah dengan nilai kategori 3 bagian penyusunan buku kembali ke rak bagian atas dengan nilai kategori 1. Penataan buku ke rak bagian bawah dan proses sortir buku termasuk dalam kategori OWAS 3 sehingga dijadikan sebagai prioritas utama perbaikan dengan usulan desain fasiltas kerja berupa kursi hidrolik yang disesuaikan dengan dimensi antropometri tubuh operator. Setelah dilakukan perbaikan fasiltas kerja didapatkan penurunan tingkat resiko dengan penilaian OWAS yaitu dari skor akhir 3 menjadi 1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:27
Last Modified: 14 Dec 2017 03:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35989

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo