UMM Institutional Repository

ANALISIS UNSUR-UNSUR RETORIKA DALAM IKLAN KOMERSIAL Di TELEVISI

ANDESPA, VEBI (2017) ANALISIS UNSUR-UNSUR RETORIKA DALAM IKLAN KOMERSIAL Di TELEVISI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vebiandesp-49170-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vebiandesp-49170-2-babi.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vebiandesp-49170-3-babii.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vebiandesp-49170-4-babiii.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang unsur-unsur retorika dalam iklan komersial di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur retorika yang terkandung di dalam iklan komersial di televisi. Adapun permasalahan penelitian ini mencakup (1) rasionalitas bahasa dalam iklan komersial di televisi; (2) etika dan moral dalam iklan komersial di televisi; (3) diksi atau pilihan kata dalam iklan komersial di televisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, artinya dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, artinya dalam penelitian ini peneliti membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Data dalam penelitian ini berupa wacana lisan iklan komersial di televisi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data ini yaitu dengan menggunakan teknik dokumentasi, pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai unsur-unsur retorika yang terdapat dalam iklan komersial di televisi. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) rasionalitas dalam wacana lisan iklan erat kaitannya dengan penerimaan isi iklan oleh masyarakat yang disertai oleh landasan dan dukungan yang kuat; (2) etika dan moral dalam penelitian ini erat kaitannya dengan penggunaan bahasa persuasif dalam iklan komersial; (3) diksi atau pilihan kata dalam penelitian ini berperan penting agar iklan terlihat menarik, komunikatif, akrab, dan unik bagi konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:16
Last Modified: 13 Dec 2017 04:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35974

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo