UMM Institutional Repository

ANALISIS TUTURAN IMPERATIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VII MTs. NU TMI NGROTO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

Fahmawati, Risa (2017) ANALISIS TUTURAN IMPERATIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VII MTs. NU TMI NGROTO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risafahmaw-49641-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risafahmaw-49641-2-babi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risafahmaw-49641-3-babii.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risafahmaw-49641-4-babiii.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakaan alat untuk berinteraksi atau berkomunikasi berupa lambang bunyi yang di hasilkan oleh alat ucap manusia, untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan seseorang. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan bentuk tuturan pragmatik imperatif dan fungsi pemakaian kalimat imperatif guru dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia. Tuturan Pragmatik Imperatif adalah realisasi, maksud imperatif dalam bahasa Indonesia apabila dikaitkan dengan konteks situasi tutur yang melatarbelakanginya. Makna pragmatik imperatif tuturan yang demikian itu sangat ditentukan oleh konteksnya. Tuturan pragmatik imperatif dibagi menjadi tiga bentuk kalimat yakni kalimat pertanyaan, pernyataan, dan kalimat harapan. Sedangkan, cara berinteraksi guru dengan murid yang sering digunakan di dalam kelas adalah kalimat pertanyaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kalimat yang diperoleh dari tuturan imperatif guru dan sumber data pada penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia MT.s NU TMI Ngroto Pujon Bapak Syaiful Anwar S.Pd dikumpulkan melalui teknik rekam, teknik catat, teknik simak. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan sembilan wujud tuturan imperatif yang sering di gunakan guru yaitu (1) imperatif ajakan, (2) imperatif harapan, (3) imperatif desakan, (4) imperatif suruhan, (5) imperatif persilaan, (6) imperatif permintaan, (7) imperatif mengizinkan, (8) imperatif bujukan, (9) imperatif larangan, dan pada bentuk tuturan pragmatik imperatif terdapat tiga bentuk kalimat yaitu (1) kalimat pertanyaan (2) kalimat pernyataan (3) kalimat harapan. Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa guru dalam pembelajaran tidak dapat di pungkiri untuk selalu menggunakan tuturan imperatif dan pragmatik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:13
Last Modified: 13 Dec 2017 04:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35973

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo