UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI JATIMULYO 1 MALANG

DAMAYANTI, MEGA (2017) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI JATIMULYO 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megadamaya-49742-1-pendahul-n.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megadamaya-49742-2-babi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megadamaya-49742-3-babii.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megadamaya-49742-4-babiii.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Mengembangkan kemampuan representasi siswa sangat penting dalam mendukung dan membangun konsep matematika yang dipelajari siswa, sehingga siswa dapat mengkomunikasikan ide-ide yang dimiliki siswa. Kemampuan representasi siswa di SDN Jatimulyo 1 Malang masih tergolong rendah karena siswa belum dibiasakan menyelesaikan soal dengan menggunakan representasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, (2) faktor-faktor yang menentukan kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V di SDN Jatimulyo 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih yaitu siswa dan guru kelas V yang berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data dengan cara memberikan soal tes kemudian mewawancarai siswa. Pada penelitian ini, kemampuan representasi siswa dikategorikan menjadi tiga bentuk representasi siswa yaitu representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematika, dan representasi kata-kata. Setiap kemampuan representasi siswa dikategorikan menjadi tiga kriteria yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi visual siswa berkemampuan tinggi berada pada kategori sangat baik, siswa yang berkemampuan sedang berada pada kategori baik, siswa berkemampuan rendah berada pada kategori kurang. Kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematika siswa berkemampuan tinggi berada pada kategori sangat baik, siswa berkemampuan sedang berada pada kategori sangat baik, siswa berkemampuan rendah berada pada kategori baik. Kemampuan representasi kata-kata siswa berkemampuan tinggi berada pada kategori baik, siswa berkemampuan sedang berada pada kategori baik, siswa yang berkemampuan rendah berada pada kategori kurang. Faktor-faktor yang menentukan kemampuan representasi siswa berasal dari kebiasaan siswa dalam menyelesaikan soal dan pengetahuan siswa tentang representasi. Siswa harus dibiasakan menyelesaikan soal dengan menggunakan representasi siswa agar siswa mampu mengembangkan kemampuan representasi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:42
Last Modified: 13 Dec 2017 03:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35970

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo