UMM Institutional Repository

STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 2 SD NEGERI TIRTOMOYO 02 KEC.PAKIS

AINI, NUR (2017) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 2 SD NEGERI TIRTOMOYO 02 KEC.PAKIS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuraininim-49743-1-pendahul-n.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuraininim-49743-2-babi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuraininim-49743-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuraininim-49743-4-babiii.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Strategi pengelolaan kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk dapat menciptakan dan mengkondisikan suasana belajar yang optimal, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi pengelolaan kelas untuk memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas 2B SDN Tirtomoyo 02 kec. Pakis. (2) Hambatan dalam strategi pengelolaan kelas untuk memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas 2B SDN Tirtomoyo 02 kec. Pakis. (3) Mengatasi Hambatan dalam strategi pengelolaan kelas untuk memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas 2B SDN Tirtomoyo 02 kec. Pakis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan penyajian secara deskriptif. Sumber data penelitian yaitu Kepala sekolah, Guru kelas 2B dan Siswa kelas 2B. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. keabsahan data menggunakan triangulasi teknik sumber dan data. Analisis data menggunakan model Hilesang Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi pengelolaan kelas untuk memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas 2B sudah sangat baik. Guru melakukan stratgegi pengelolaan kelas dengan penataan lingkungan belajar, cara pengajaran guru yang sudah sangat baik, admisnistrasi kelas dan pemberian penguatan dan memberikan motivasi belajar kepada siswa. (2) Hambatan dalam strategi pengelolaan kelas adalah suara intonasi guru terhambat karena masih terdapat siswa yang ramai dan terdapat siswa yang masih ramai pada saat pembelajaran berlangsung. Dan masih terdapat siswa yang belum memahami materi bangun datar. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam strategi pengelolaan kelas adalah guru menaikkan volume suara agar dapat didengar siswa lainnya dan guru memberikan teguran secara langsung kepada siswa yang ramai dengan tidak menyakiti perasaan siswa. Guru memberikan penjelasan berulang-ulang mengenai materi bangun datar dan memberikan soal-soal kepada siswa baik itu soal lisan maupun soal tertulis. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan memberikan strategi pengelolaan kelas untuk siswa sudah cukup baik. Adanya hambatan dalam strategi pengelolaan kelas membuat guru langsung bisa mengatasi hambatan tersebut dengan baik dan benar. Dan guru sudah berusaha untuk memperbaiki suatu permasalahan yang terjadi didalam kelas dengan adanya siswa yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata guru selalu berusaha memberikan penjelasan materi berulang ulang agar siswa dapat mengerti materi yang belum dipahaminya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:38
Last Modified: 13 Dec 2017 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35969

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo