UMM Institutional Repository

PEMAKAIAN PRINSIP KERJA SAMA PADA TUTURAN GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS XI SMAN 4 MALANG

ANGGRAINI, SETYA DWI (2017) PEMAKAIAN PRINSIP KERJA SAMA PADA TUTURAN GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS XI SMAN 4 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-setyadwian-47299-1-pendahul-n.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-setyadwian-47299-2-babi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-setyadwian-47299-3-babii.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-setyadwian-47299-4-babiii.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Prinsip kerja sama adalah aturan-aturan yang harus dipakai dan dipatuhi oleh peserta komunikasi yang menimbulkan kesepakatan bersama yang mengandung maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim pelaksanaan. Dalam proses pembelajaran di kelas guru harus menerapkan empat prinsip kerja sama. Prinsip kerja sama dapat dilihat dari tuturan guru dan siswa saat proses pembelajaran di kelas. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana wujud pemakaian prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Adapun penelitian ini di maksudkan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang pemakaian prinsip kerja sama pada tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan di kelas XI SMAN 4 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa pernyataan atau tuturan guru dan siswa yang menunjukkan prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 4 Malang. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dengan teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip kerja sama telah diterapkan dalam pembelajaran pada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Pada kegiatan mengamati ditemukan empat prinsip kerja sama yang berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan, pada kegiatan menanya ditemukan empat prinsip kerja sama yang berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan, pada kegiatan mengumpulkan informasi ditemukan empat prinsip kerja sama yang berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan, pada kegiatan mengasosiasi ditemukan empat prinsip kerja sama yang berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan, pada kegiatan mengkomunikasikan ditemukan empat prinsip kerja sama yang berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:26
Last Modified: 12 Dec 2017 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35943

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo