UMM Institutional Repository

STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN DALAM PENGELOLAAN PARKIR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MALANG

Sari, Dessy Wulan (2017) STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN DALAM PENGELOLAAN PARKIR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dessywulan-49637-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dessywulan-49637-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dessywulan-49637-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dessywulan-49637-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pengelolaan parkir di Kota Malang. Kenaikan tarif retribusi parkir pada tahun 2015 menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Hal ini diikuti dengan keberadaan juru parkir (jukir) liar yang semakin marak ditemui. Pada tahun 2016 Kota Malang mengalami fenomena darurat parkir yang disebabkan oleh tindakan jukir liar. Masyarakat merasa keberatan terhadap kenaikan tarif tersebut, dan keberatan terhadap tindakan jukir liar dalam mengelola tempat parkir yang tidak berdasarkan prosedur. Kenaikan tarif retribusi parkir mempengaruhi jumlah peningkatan target tahunan. Hasil setoran retribusi parkir merupakan salah satu sumber pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. Dinas Perhubungan yang memiliki wewenang untuk mengurusi bidang perparkiran tentu perlu untuk menentukan strategi yang dapat mengatasi hal ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan analisa data kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu Kepala Seksi di Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Malang, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Malang atau Pejabat yang ditunjuk, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah atau penjabat yang ditunjuk, dan Juru Parkir yang berada di wilayah parkir Kota Malang. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tata kelola pemerintahan kolaborasi (collaborative governance). Teori tersebut terimplementasikan pada proses pengelolaan tempat parkir yang memberikan dampak pada pendapatan asli daerah. Hasil penelitian yang didapatkan setelah peneliti menganalisa data yang ada adalah Dinas Perhubungan dalam melakukan pengelolaan parkir memiliki satu program yakni program peningkatan pelayanan angkutan yang memiliki kegiatan meliputi: pembinaan petugas parkir, intensifikasi dan ekstensifikasi retribusi pelayanan parkir, operasi penertiban parkir, pendataan titik parkir, dan penyediaan sarana pengaduan. Dinas Perhubungan melaksanakan pengelolaan parkir berpedoman pada Standar Operasional Prosedur Pelaksanaan Pengelolaan Tempat Parkir. Selain itu, Dinas Perhubungan melakukan pembinaan dan pengawasan kepada juru parkir secara rutin agar dapat mengurangi tindakan pelanggaran. Kendala-kendala yang dialami oleh Dinas Perhubungan adalah keterbatasan jumlah sumber daya manusia seperti jumlah juru pungut dan jumlah pengawas serta keberadaan jukir liar. Oleh karena itu, Dinas melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian, TNI, dan Satpol PP dalam melakukan operasi gabungan untuk melakukan razia pada jukir liar. Perihal target retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum, setiap tahunnya target retribusi ini terus mengalami peningkatan bersamaan dengan meningkatnya target Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Perhubungan dalam melaksanakan pengelolaan parkir sebagian besar mengikuti prosedur pengelolaan tempat parkir, dan proses penarikan retribusi parkir. Adapun tindakan yang tidak sesuai dikarenakan keterbatasan yang dimiliki. Dinas Perhubungan menentukan berbagai strategi untuk mencapai target retribusi parkir tahunan khususnya pada retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. Dalam penentuan kebijakan parkir baru diharapkan Dinas Perhubungan melakukan musyawarah dengan koordinator, dan juru parkir. Sehingga, kebijakan tersebut dapat diterima dan dapat memberikan kesejahteraan bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Dec 2017 10:50
Last Modified: 11 Dec 2017 10:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35940

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo