UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MADIUN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL BREM DI DESA KALIABU

SUBEKJA, RIZKI (2017) STRATEGI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MADIUN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL BREM DI DESA KALIABU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkisubek-49977-1-pendahul-n.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkisubek-49977-2-babi.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkisubek-49977-3-babii.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkisubek-49977-4-babiii.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil (UMK) merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha, yang menyentuh kepentingan masyarakat. Kemunculan sektor Usaha Mikro Kecil (UMK) membawa pengaruh positif pada perekonomian. Usaha mikro dan usaha kecil merupakan usaha informal yang mulai dimunculkan dengan melihat peluang yang ada disekitar. Tentunya usaha tersebut merupakan usaha produktif yang tentunya menghasilnya pendapatan untuk para usahawan yang mendirikan usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun dalam pengembangan UMK Brem di Desa Kaliabu, dan Mengetahui kendala apa saja yang di hadapi Pemerintah Kabupaten Madiun dalam pengembangan UMK Brem di Desa Kaliabu. Metode Penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian deskriptif kualitatif, Sumber Data yaitu Data Primer dan Sekunder, Teknik Pengumpulan Data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Subjek Penelitian, Lokasi Penelitian, Teknik Analisis Data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, menarik kesimpulan atau verifikasi, dan Teknik Keabsahan Data. Dari hasil penelitian tentang Strategi Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Madiun dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Brem, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Madiun merupakan strategi yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pusat. Akan tetapi, tidak semua strategi yang ada diimplementasikan di tingkat Pemerintah Daerah. Karena harus disesuaikan dengan kondisi di daerah serta besarnya anggaran yang tersedia. Saran yang dapat penulis ajukana dalah Dalam kaitannya dengan rendahnya jiwa kewirausahaan yang berdampak pada kurang beraninya UMK Brem dalam melakukan inovasi--inovasi baru terhadap produknya, bisa diatasi dengan ditambahnya intensitas pelaksanaan pelatihan atau bimbingan yang khusus mengajarkan tentang materi kewirausahaan secara intensif dan rutin. Sehingga kegiatan yang dilakukan akan dapat membantu untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan para pelaku usaha UMK. Selain itu, materi yang disampaikan dalam setiap pelatihan hendaknya lebih bervariasi, agar pengetahuan yang diperoleh pun dapat beragam pula. Sehingga bukan hanya kuantitas operasionalnya yang diutamakan, tetapi juga kualitasnya perlu diperhatikan. Untuk mengatasi masalah pemasaran, Pemerintah sebaiknya tidak hanya mengandalkan dari kegiatan pameran saja. Tetapi juga dengan mengadakan event-event promosi yang lebih unik dan berbeda, seperti mengadakan event gelar produk dengan skala Nasional dimana Kabupaten Madiun sebagai tuan rumahnya sehingga produk-produk UMK khususnya Brem dapat dikenal masyarakat lebih banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Dec 2017 10:31
Last Modified: 11 Dec 2017 10:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35933

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo