UMM Institutional Repository

KEBIJAKAN PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN DI KOTA BATU

NORA, NIRWANA ELLEN (2017) KEBIJAKAN PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN DI KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nirwanaell-48894-1-pendahul-n.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nirwanaell-48894-2-babi.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nirwanaell-48894-3-babii.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nirwanaell-48894-4-babiii.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk berbanding lurus dengan kebutuhan pangan pokok. Akan tetapi lahan pertanaian di Kota Batu cenderung untuk dialihfungsikan menjadi lahan non pertanian. Hal ini merupakan dampak dari perkembangan Kota Batu dan peningkatan kebutuhan lahan untuk permukiman. Berkurangnya lahan pertanian berakibat pada menurunnya produksi bahan pangan dan dapat menyebabkan krisis pangan. Sehingga diperlukan suatu kebijakan yang mampu melindungi lahan pertanian dari alih fungsi lahan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan penjelasan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan menyimpulkan. Adapun teori yang digunakan adalah kebijakan publik dan penyusunan agenda menurut William Dunn. Hasil dari penelitian ini adalah alih fungsi lahan pertanian di Kota Batu disebabkan karena perkembangan pariwisata serta pertumbuhan jumlah penduduk. Dan kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kota Batu telah memasuki tahap penentuan lokasi di dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Batu. Dengan aktor-aktor yang terlibat dalam kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan adalah Bappeda, Dinas Pertanian, dan Dinas PU. Lambatnya proses penentuan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kota Batu dikarena permasalahan kepemilihan lahan, belum disusunnya peraturan insentif dan disinsentif, kurangnya komitmen pemerintah dalam kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan serta belum adanya data peta yang digunakan untuk penetapan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kota Batu. Agar dapat segera melaksanakan kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan diperlukan dukungan berbagai pihak baik dari pemerintah Kota Batu, pemerintah provinsi, dan masyarakat. Dukungan tersebut dapat berupa dukungan pendanaan dan percepatan sosialisasi kepada masyarakat. Pemerintah Kota Batu juga perlu menyeimbangkan perkembangan pariwisata dengan pertanian, sehingga alih fungsi lahan pertanian dapat dikendalikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Dec 2017 08:04
Last Modified: 11 Dec 2017 08:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35924

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo