UMM Institutional Repository

PENERIMAAN MAHASISWA TENTANG IKLAN MARS PERINDO DI TELEVISI (Studi Resepsi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang)

Al Ayyubi, Aisy (2017) PENERIMAAN MAHASISWA TENTANG IKLAN MARS PERINDO DI TELEVISI (Studi Resepsi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyalayyu-49035-1-pendahul-n.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyalayyu-49035-2-babi.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyalayyu-49035-3-babii.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyalayyu-49035-4-babiii.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dan memberi bentuk pada tingkah laku konsumen adalah persepsi konsumen mengenai iklan yang disaksikan. Seperti halnya iklan Mars Perindo menjadi lagu yang paling dihafal anak-anak Indonesia saat ini. Semua berkat bombardir penayangannya di stasiun televisi milik Hary Tanoesoedibjo. Maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang tentang iklan Mars Perindo di televisi. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi merupakan sebuah aplikasi historis dari tanggapan penonton. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskripitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini, yaitu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Ilmu Komunikasi Angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang tentang iklan Mars Perindo di televisi yang mencakup dominant (atau ‘hegemonic’) reading, dimana penonton sejalan dengan nilai-nilai, sikap, keyakinan dan asumsi yang ditayangkan secara penuh dalam iklan Mars Perindo, seperti kepedulian PERINDO terhadap dunia kesehatan Indonesia dan pemberdayaan masyarakat baik dari sisi politik, ekonomi, budaya dan sosial. Sedangkan pada aspek negotiated reading, terlihat pada tanggapan mahasiswa mengenai pesan dalam iklan Mars Perindo yang sudah tepat. Hanya saja masih terlihat dalam tayangan tersebut terlihat settingan iklan yang tidak tulus dalam memperhatikan rakyat kecil dan cenderung mengedepankan pencitraan Hary Tanoesoedibjoe dan partai politiknya. Oppositional (‘counter hegemonic’) reading, taerlihat dalam iklan Mars PERINDO memvisualkan bantuan partai dalam pengadaan unit ambulance yang hanya terlihat ambulance PERINDO yang sedang konvoi, tetapi tidak terlihat disana ambulance tersebut sedang menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Dec 2017 07:16
Last Modified: 11 Dec 2017 07:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35919

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo