UMM Institutional Repository

Kebijakan Pemerintah Dalam Pemanfaatan Ruang Publik Melalui Revitalisasi Taman Di Kota Malang

Maharani, Desy Ratry (2017) Kebijakan Pemerintah Dalam Pemanfaatan Ruang Publik Melalui Revitalisasi Taman Di Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyratrym-49036-1-pendahul-n.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyratrym-49036-2-babi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyratrym-49036-3-babii.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyratrym-49036-4-babiii.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dimulai dengan kebijakan pemerintah dalam merevitalisasi taman sebagai ruang publik yang keberadaannya penting bagi sebuah wilayah perkotaan untuk memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau. Pelaksanaan revitalisasi sudah dilakukan pada 18 titik taman dari total 50 taman di Kota Malang. Faktor-faktor yang menyebabkan perlunya merevitalisasi taman antara lain penggunaan lahan atau taman yang beralih fungsi sebagai lahan terbangun berupa pemukiman dan pertokoan dan kurang terawatnya beberapa taman yang berada pada lokasi strategis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriplif melalui kajian literatur, observasi lapangan, dan wawancara mendalam dengan para informan yang terdiri dari unsur pemerintah yang melakukan kebijakan pemanfaatan ruang publik melalui revitalisasi taman di Kota Malang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan dalam pelaksanaan program revitalisasi taman sejak perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi selalu melibatkan masyarakat, hal ini dilihat dari tahapan sosialisasi sampai dengan kesepakatan pelaksanaan revitalisasi yang dilakukan oleh instansi-instansi dengan menghadirkan perwakilan kelompok masyarakat terkait dalam penyampaian rumusan dan desain perubahan revitalisasi. Dari sisi lain untuk hasil pelaksanaan kebijakan pemanfaatan ruang publik melalui revitalisasi taman di Kota Malang ini pemerintah tetap melakukan pengawasan yang di lakukan oleh DPKP sebagai bentuk pemeliharaan taman yang telah direvitalisasi. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan dalam pemanfaatan ruang publik melalui revitalisasi taman di Kota Malang dan apa saja permasalahan yang dihadapi dalam kebijakan pemanfaatan ruang publik melalui revitalisasi taman tersebut. Setelah peneliti melakukan kajian dan analisis data, maka kesimpulan yang bisa peneliti simpulkan adalah kebijakan pemanfaatan ruang publik melalui revitalisasi bisa dikategorikan efektif untuk dapat mengatasi jumlah ruang publik berupa taman di Kota Malang yang semakin berkurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Dec 2017 03:31
Last Modified: 08 Dec 2017 03:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35918

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo