UMM Institutional Repository

Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Merelokasi Pemukiman Kumuh Dalam Penataan Kawasan Kampung Pulo (Tahun 2013)

Kamarudin, Haryati (2017) Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Merelokasi Pemukiman Kumuh Dalam Penataan Kawasan Kampung Pulo (Tahun 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haryatikam-49116-1-pendahul-n.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haryatikam-49116-2-bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haryatikam-49116-3-bab2.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haryatikam-49116-4-bab3.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Pemukiman kumuh merupakan salah satu permasalahan yang ada di Ibukota Jakarta. Keberadaan pemukiman kumuh menyebabkan bencana banjir setiap tahunnya. Salah satu wilayah yang sering kali terkena dampak dari banjir adalah kampung pulo. Kampung pulo menjadi sorotan pemerintah DKI Jakarta karena perubahan penggunaan lahan dari daerah resapan air menjadi pemukiman penduduk. Perubahan penggunaan lahan inilah yang kemudian menybabkan munculnya titik banjir serta tidak sesuai dengan penataan tata ruang kota yang mengharuskan tidak ada bagunan yang menghambat daerah resapan air. Banjir di Jakarta disebabkan oleh banyaknya pemukiman kumuh yang menempati daerah aliran sungai yang merupakan wilyah resapan air, salah satunya adalah sungai ciliwung. Oleh karena itu pemerintah DKI Jakarta melakukan kebijakan normalisasi sungai ciliwung untuk penataan kawasan kumuh yang ada diwilayah Kampung Pulo guna menaggulani banjir yang terjadi di ibukota. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari Program Kerja Gubernur tahun 2012-2016 pada bidang penataan kota dan bidang pengantasan banjir. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan terkait dengan pelaksanaan relokasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI terhadap pemukiman kumuh kampung pulo. Metode yang dilakukan peneliti adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik penggumpulan data melalui wawancara langsung, observasi, serta dokumentasi untuk mendaptkan data-data yang relevan terkait kebijakan relokasi kampung pulo. Adapun teori yang peneliti anggap relevan adalah teori implementasi kebijkan dimana dalam teori ini ada beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dari sebuah implentasi kebijakan, yaitu isi kebijkan, tujuan dari kebijakan, hasil, serta evaluasi dari implementasi kebijakan tersebut. Dari penelitian ini dapat diperoleh gambaran bahwa kebijakan relokasi sampai saat ini membawa dampak yang positif bagi masyarakat kampung pulo dan pemprov DKI Jakarta dalam usaha mengatasi banjir serta penataan kawasaan kampung kumuh, walaupun masih banyak permasalahan yang dialami warga kampung pulo pasca relokasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Setelah peneliti melakukan kajian dan analisa data, maka kesimpulan yang bisa peneliti simpulkan adalah implementasi kebijakan yang dilakukan oleh pemprov DKI Jakarta bisa dikategorikan efektif untuk dapat mengatasi banjir dan penataan kawasan kumuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Dec 2017 03:17
Last Modified: 08 Dec 2017 03:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35915

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo