UMM Institutional Repository

RESISTENSI MASYARAKAT KELURAHAN KALAODI TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN UNIT AIR BAKU RUM DAN PULAU MAITARA

Ali, M. Syamsul (2017) RESISTENSI MASYARAKAT KELURAHAN KALAODI TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN UNIT AIR BAKU RUM DAN PULAU MAITARA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-msyamsulal-49120-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-msyamsulal-49120-2-babi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-msyamsulal-49120-3-babii.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-msyamsulal-49120-4-babiii.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk resistensi yang dilakukan oleh masyarakat Kalaodi, terhadap program pembangunan unit air baku Rum dan Pulau Maitara, dan mendiskripsikan bentuk resistensi warga Kelurahan Kalaodi terhadap program pembangunan unit air baku Rum dan Pulau Maitara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hegemoni yang pada intinya menjelaskan terkait relasi dominasi yang dilakukan oleh Negara terhadap masyarakat. Gramsci menegaskan ada proses hegemoni yang dalam kekuasaan Negara, bahwa sebuah hegemoni terjadi ketika cara hidup, cara berpikir, dan gaya hidup dari kelompok elit yang mendominasi dan mengeksplorasi kelompok kecil lain, hal iini yang terjadi dalam masyarakat kalaodi yang melakukan resistensi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sitematis dan akurat, sedangkan pendekatan kualitatif menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan dibangunnya unit air baku Rum dan Pulau Maitara mendapatkan perlawanan dari masyarakat Kalaodi sebagai lokasi dibangunnya uit air baku tersebut. Perlawanan yang dilakukan oleh masyarkat bersifat laten dan manifest, yang diawali dengan gunjingan secara diam-diam oleh warga, diskusi/protes tertutup, dan sampai pada aksi unjuk rasa. Perlawanan dilakukan karena warga merasa dirugikan, sebab tidak diawali dengan sosialisasi dan komunikasi yang baik. Disamping itu dengan hadirnya perusahan tersebut dapat mengancam bagi warga sendiri, terutama berkaitan langsung dengan nilai-nilai lokalitas (adat, tradisi, local wisdom) yang ada di kelurahan Kalaodi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Dec 2017 04:28
Last Modified: 07 Dec 2017 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35911

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo