UMM Institutional Repository

UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) KOTA MALANG DALAM PENCEGAHAN PEREDARAN NARKOBA

Widodo, Tri Purbo Hadi (2017) UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) KOTA MALANG DALAM PENCEGAHAN PEREDARAN NARKOBA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tripurboha-47085-1-pendahul-n.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tripurboha-47085-2-babi.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tripurboha-47085-3-babii.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tripurboha-47085-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maraknya peredaran narkoba di Indonesia khususnya di kota malang yaitu mencapai 222 kasus di tahun 2016 menjadi eksistensi BNN Kota Malang semakin pentingdalam upaya melakukan pencegahan penyalahgunaan peredaran narkoba. Upaya – upaya tersebut perlu disusun dalam sebuah kebijakan yang strategis dan terintegrasi dengan lembaga terkait lainnya, termasuk partisipasi masyarakat sehingga dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis derkriptif. Adapun teori yang digunakan yaitu model implementasi Van Meter dan Van Horn. Upaya BNN Kota Malang dalam melakukan pencegahan peredaran narkoba dipahami sebagai pelaksanaan kebijakan mencakup usaha – usaha dengan membuat keputusan, tindakan operasional dan sasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Narkotika Nasional Kota Malang telah melaksanakan berbagai macam upaya pencegahan dengan berbagai kebijakan sebagai berikut : desiminasi informasi pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Advokasi P4GN, dan pelaksanaan tes urin. Termasuk Upaya pemetaan Jaringan rawan narkoba yang dilakukan BNN Kota Malang bekerjasama dengan lembaga terkait melalui Satreskoba Polres Malang, Dinas Sosial dan Lembaga Pemasyarakatan. Namun demikian BNN Kota Malang memiliki persoalan kurangnya keterbukaan informasi dan laporan dari masyarakat terkait penyalahgunaan narkoba, kurangnya sarana dan prasarana, SDM dan anggaran. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BNN Kota Malang telah melaksanakan berbagai macam kebijakan sebagai upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba. Saran untuk BNN Kota Malang agar berbagai kebijakan tadi dapat ditingkatkan baik jumlah dan kualitas seperti melakukan kerjasama dengan lembaga terkait baik pemerintah daerah, LSM, dan swasta melalui pendidikan kegiatan social dan keagamaan termasuk melibatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan program yang sudah ada maupun yang belum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:29
Last Modified: 07 Dec 2017 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35897

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo