UMM Institutional Repository

KEBIJAKAN DOMESTIC MARKET OBLIGATION (DMO) UNTUK KETAHANAN ENERGI NASIONAL (Studi Model Pengelolaan dan Pemanfaatan Batubara oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara )

Wahyudi, Mochammad Eko (2017) KEBIJAKAN DOMESTIC MARKET OBLIGATION (DMO) UNTUK KETAHANAN ENERGI NASIONAL (Studi Model Pengelolaan dan Pemanfaatan Batubara oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochammade-47080-1-pendahul-n.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochammade-47080-2-isibabi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochammade-47080-3-isibab-i.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochammade-47080-4-isibab-i.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Indonesia selama ini menjadi permasalahan yang tidak kunjung selesai. Persoalan yang muncul dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pemanfaatan batubara. Pertama, rendahnya alokasi batubara untuk dalam negeri. Kedua, pengguna batubara di dalam negeri masih sangat rendah, maksudnya jumlah pengguna batubara didalam negeri tidak sebanding dengan jumlah operasi produksi batubara yang terus mengalami peningkatan. Ketiga alokasi batubara untuk kebutuhan dalam negeri belum memenuhi target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Keempat, persentase ekspor batubara masih sangat tinggi. Oleh karena itu pemerintah menetapkan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut. Pada dasarnya kebijakan DMO merupakan kebijakan yang dicetuskan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Nomor 34 Tahun 2009 Tentang Pengutamaan Pasokan Batubara untuk Kebutuhan dalam Negeri. Sementara itu tujuan penelitian ini adalah bagaimana model strategis pengelolaan dan pemanfaatan batubara dalam negeri melalui kebijakan DMO. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif yang berusaha menguraikan secara deksriptif tentang pengelolaan dan pemanfaatan batubara melalui kebijakan DMO. Sampling dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk memilih subyek sehingga sesuai dengan pengamatan langsung dan wawancara untuk memperoleh data langsung dari informan. Setelah data terkumpul, maka data akan dianalisis dengan model analisis menurut Ritchie & Spencer (1994) yang biasanya digunakan dalam penelitian kebijkan, yakni (1) Familiarisasi; (2) indentifikasi kerangka kerja; (3) indeks; (4) penggambaran; (5) pemetaan dan interpretasi. Kebijakan DMO Batubara belum terlaksana sesuai tujuannya yakni untuk pengutamaan pemasokan batubara untuk dalam negeri. Hasil Produksi batubara yang setiap tahunnya meningkat ternyata banyak dialokasikan untuk eskpor daripada untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Alokasi batubara dalam negeri tetap rendah dan tidak pernah mencapai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni Ditjen Minerba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:22
Last Modified: 07 Dec 2017 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35896

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo