UMM Institutional Repository

KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN TAMAN NASIONAL MERU BETIRI

ZAINUCHI, MOCHAMAD MASHUR (2017) KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN TAMAN NASIONAL MERU BETIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochamadma-50021-1-pendahul-n.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochamadma-50021-2-babi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochamadma-50021-3-babii.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochamadma-50021-4-babiii.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki berbagai macam biodiversitas dan berbagai macam suku bangsa yang tinggal di dalamnya. Pemanfaatan jenis tumbuhan di Indonesia dimanfaatkan oleh suku - suku yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Sehingga nantinya pemanfaatan tumbuhan ini akan menjadi budaya dan kearifan tradisional pada suku tersebut. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui jenis – jenis tumbuhan obat yang dipakai dalam pengobatan tradisional dan mengetahui cara masyarakat Desa Andongrejo dalam memanfaatkan tumbuhan obat sebagai pengobatan tradisional serta bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat. Selain itu untuk mengetahui aksi konservasi masyarakat terhadap tumbuhan obat. Penelitian ini berlangsung pada bulan Januari – Februari 2017. Pengambilan sampel dilakukan di Desa Andongrejo sekitar kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Data yang diambil berupa data primer dan sekunder dengan metode pengambilan data yaitu wawancara, observasi lapang, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa keanekaragaman spesies tumbuhan obat yang diketahui dan digunakan oleh masyarakat Desa Andongrejo sekitar kawasan Taman Nasional Meru Betiri sebanyak 73 Spesies dari 38 famili. Spesies tumbuhan yang diketahui paling banyak terdapat pada famili Zingiberaceae. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat dalam pengobatan tradisional adalah bagian daun. Pengobatan yang dilakukan masyarakat masih tergolong sederhana, dapat dilihat dari cara pengolahan tumbuhan obat yang paling banyak digunakan yaitu direbus dan cara pemakaiannya diminum. Kearifan lokal masyarakat dalam mendukung konservasi dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam konservasi dan budidaya tumbuhan obat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:06
Last Modified: 06 Dec 2017 04:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35886

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo