UMM Institutional Repository

KAJIAN PENGEMBANGAN HUTAN PENDIDIKAN BAMBU DI DESA KUCUR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

KHALIQIEN, MOHAMMAD AHSAN (2017) KAJIAN PENGEMBANGAN HUTAN PENDIDIKAN BAMBU DI DESA KUCUR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadah-50036-1-pendahul-n.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadah-50036-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadah-50036-3-babii.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadah-50036-4-babiii.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan hutan adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya hutan bagi kehidupan makhluk hidup di dunia dan minimnya wahana pendidikan bagi para pelajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hutan pendidikan bambu di Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan dengan harapan dapat menjai wahana dan sarana edukasi agar dapat menunjang kualitas pendidikan di daerah malang khususnya. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan November 2016 di Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Dengan menggunakan kamera foto untuk dokumenter, komputer sebagai alat bantu untuk analisis data, alat tulis menulis, kuesioner untuk wawancara, serta peta kawasan Desa Kucur. Analisis SWOT merupakan metode untuk mengukur strategi pengembangan hutan pendidikan bambu yang ada di Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang dilihat dari pengaruh faktor internal dan faktor eksternal. Dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) untuk mengukur pengembangan hutan pendidikan bambu yang ada, informasi yang didapat dari berbagai pihak seperti dari masyarakat di sekitar hutan pendidikan bambu dan instansi terkait dalam pengelolaan hutan pendidikan bambu tersebut. Dan memanfaatkan semua informasi yang di dapat dengan merumuskan ke dalam metode perumusan strategi. Dari hasil data dan pembahasan analisa data penelitian perencanaan pengembangan hutan pendidikan bambu di Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang, bahwa Masih banyak kurangnya pemahaman masyarakat sekitar hutan terkait fungsi dan tujuan hutan pendidikan bambu karena kurangnya sosialisasi dari pihak RPH Selorejo BKPH Kepanjen KPH Malang yang disini sebagai pengelola hutan pendidikan tersebut. Masih banyak hal uang perlu dibenahi jika dilihat dari kelemahan maupun ancaman yang ada. Seperti halnya menanggulangi agar tanaman tidak banyak yang mati. Masih banyak yang harus dikembangan jika dilihat dari kekuatan dan peluang yang ada. Seperti halnya hutan pendidikan bambu yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar desa hutan pendidikan bambu, dan menjadikan wahana rekreasi bagi wisatawan dalam maupun luar Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Dec 2017 02:40
Last Modified: 06 Dec 2017 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo