UMM Institutional Repository

STATUS PERLINDUNGAN JENIS BURUNG PADA TIAP TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI PULAU KANGEAN KABUPATEN SUMENEP JAWA TIMUR

NURRAHMAN, ADI (2017) STATUS PERLINDUNGAN JENIS BURUNG PADA TIAP TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI PULAU KANGEAN KABUPATEN SUMENEP JAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adinurrahm-48748-1-pendahul-n.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adinurrahm-48748-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adinurrahm-48748-3-babii.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adinurrahm-48748-4-babiii.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana status perlindungan jenis burung di Pulau Kangean Kabupaten Sumenep. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi atau acuan oleh pemerintah dalam upaya untuk kebijakan dalam pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam. Kemudian dapat juga sebagai informasi kepada masyarakat tentang status perlindungan dan jenis-jenis burung, untuk dapat saling menjaga kelestariannya. Penelitian ini akan dilakukan di Pulau Kangean Kabupaten Sumenep pada Bulan November sampai dengan Desember 2017. Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : alat tulis, tally sheet, kamera, dll. Objek penelitian yaitu Pantai, Pemukiman, Sawah, Kebun dan Hutan. Metode yang akan digunakan yaitu pengambilan contoh menggunakan jalur transek, membuat jalur transek sepanjang 1 km dan mengambil 5 titik pengamatan, jarak antar titik 200 m kemudian dilakukan 3 kali ulang. Penelitian ini menggunakan dua macam data yaitu : data primer dan data sekunder. Data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan meliputi nama lokal atau daerah, nama latin atau nama ilmiah, dan jumlah individu perjenis. Semua data jenis burung dicatat dalam tally sheet dan diidentifikasi. Hasil penelitian di Pulau Kangean menunjukkan bahwa tingkat keragaman jenis-jenis burung pada tiap tipe penggunaan lahan sedang. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya tingkat keragaman spesies dan jumlah kelimpahan spesies yang sama atau hampir sama. Tetapi jika komunitas itu disusun oleh sedikit spesies yang dominan maka keanekaragamanya rendah. Status perlindungan burung yang ada di Pulau Kangean terdapat 10 jenis yang masuk IUCN, kategori CITES 41 jenis dan PP no. 7 tahun 1999 ada 12 jenis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar melakukan penelitian serupa di musim kemarau agar data keragaman jenis burung di Pulau Kangean lebih detail. Peneliti harus membuat line transek yang lebih luas agar lebih banyak data burung yang didapat dan jumlah burung yang ditemukan sehingga bisa menemukan lebih banyak lagi jenis-jenis burung yang mendominasi didaerah tersebut. Masyarakat yang berada di dekat dengan hutan tanaman diharapkan ikut menjaga kelestarian burung dengan tidak melakukan perburuan terhadap burung-burung yang ada di hutan tanaman tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:04
Last Modified: 05 Dec 2017 08:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35880

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo