UMM Institutional Repository

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM dan KONSENTRASI PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT PALA (Myristica fragrans Houtt)

KARIM, AISYAH ABD (2017) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM dan KONSENTRASI PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT PALA (Myristica fragrans Houtt). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahabdk-48749-1-pendahul-n.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahabdk-48749-2-babi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahabdk-48749-3-babii.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahabdk-48749-4-babiii.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pala (Myristica fragrans Houtt) merupakan salah satu tanamn asli Indonesia yang sangat potensial sebagai komoditas perdagangan di dalam dan luar negri (ekspor). Tanaman pala dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 700 mdpl dengan suhu 20ºC - 30ºC ,kelembaban antara 50% - 80%, dan curah hujan yang baik bagi pertumbuhan tanaman pala adalah 2.175 mm – 3.550 mm / tahun (Rukmana, 2004) .Tanaman ini merupakan tanaman rempah yang menjadi rebutan bangsa – bangsa, salah satunya bangsa portugis. Selain tanaman rempah – rempah, pala juga memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa, bijinya memiliki manfaat sebagai bahan rempah dan fuli dapat menghasilkan minyak etnis dan lemak, sedangkan daging buahnya dapat dibuat menjadi manisan, didalam daging buahnya terdapat kandungan minyak atsiri yang tinggi (Rahadian, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan pertumbuhan dan perkembangan bibit pala dengan menggunakan media tanam yang berbeda dan konsentrasi pupuk daun yang terbaik. Dapat menghasilkan bibit yang baik dari media tanam yang berbeda dan konsentrasi pupuk daun. Penelitian ini dilakukan di green house Universitas Muhammadiyah Malang dengan ketinggian tempat ± 540 meter diatas permukaan laut dengan curah hujan rata – rata 1.833 mm / tahun dan penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2016. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial, terdiri dari dua faktor. Faktor pertama media tanam terdiri dari 3 level dan faktor kedua konsentrasi pupuk daun terdiri dari 3 level. Masing – masing perlakuan 3 kali ulangan. Pengaruh nyata terjadi pada diameter batang bibit pala, interaksi dari komposisi media tanam (K) dan konsentrasi pupuk daun (L) umur pengamatan 42 hst, diameter batang terkecil ditunjukkan oleh kombinasi perlakuan K2L3=0,520 cm walaupun berbeda perlakuan dengan yang lainnya namun secara stratistik berbeda nyata. Perlakuan komposisi media tanam (K) dan konsentrasi pupuk daun (L) secara statistik tidak berbeda nyata pada perlakuan K tetapi berbeda nyata pada perlakuan L, pertambahan jumlah daun terbanyak berturut – turut ditunjukkan oleh L1, dan pertambahan jumlah daun paling sedikit berturut – turut ditunjukkan oleh perlakuan L2, secara statistik tidak berbeda nyata, namun berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Pengaruh sangat nyata terjadi pada konsentrasi pupuk daun 1ml terhadap pertambahan jumlah daun, pengaruh nyata terjadi pada komposisi media tanam (K) dan konsentrasi pupuk daun (L) terhadap diameter bibit pala. Oleh karena itu, pemberian komposisi media tanam (K) dan konsentrasi pupuk daun (L) tidak dapat mempengaruhi tinggi, diameter, panjang akar, bobot basah dan bobot kering, sehingga perlu meningkatkan media tanam dan konsentrasi pupuk daun untuk peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:02
Last Modified: 05 Dec 2017 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35879

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo