UMM Institutional Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SATWA LIAR JENIS LUTUNG JAWA (Trachypithecus auratus) DARI PERDAGANGAN LIAR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 (Studi Kasus di Javan Langur Center, Coban Talun, Kota Batu)

LUBIS, MHD. IRSAN (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SATWA LIAR JENIS LUTUNG JAWA (Trachypithecus auratus) DARI PERDAGANGAN LIAR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 (Studi Kasus di Javan Langur Center, Coban Talun, Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mhdirsanlu-48756-1-pendahul-n.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mhdirsanlu-48756-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mhdirsanlu-48756-3-babii.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mhdirsanlu-48756-4-babiii.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Satwa liar jenis Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) merupakan satwa liar yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No.: 733/Kpts-II/1999, sehingga perdagangan satwa tersebut merupakan perbuatan yang dilarang dan telah disebutkan Undang-Undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Hayati dan Ekosistemnya. Pemerintah maupun aparatur penegak hukum dalam penanganan kasus perdagangan liar memerlukan kerja sama dengan lembaga konservasi yang berkaitan dengan perlindungan satwa tersebut. Salah tempat rehabilitasi satwa liar jenis Lutung Jawa yaitu Javan Langur Center (JLC) yang berada di Coban Talun, Kota Batu. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mempertanyakan bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap satwa jenis Lutung dari perdagangan liar berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan bagaimana upaya dan bentuk penyelamatan serta rehabilitasi satwa jenis Lutung Jawa terhadap satwa hasil sitaan dari perdagangan liar di pusat rehabilitasi Javan Langur Center (JLC), Coban Talun, Kota Batu. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dimana penelitian dilaksanakan di Javan Langur Center yang berada di Coban Talun, Kota Batu. Dan selanjutnya di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada bulan April tahun 2017. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menjadikan hasil wawancara untuk memperoleh data primer dengan mengetahui secara langsung pelaksanaan perlindungan terhadap Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) di Javan Langur Center. Data yang diperoleh dari wawancara tersebut dijadikan sebagai data primer, dan penelitian juga didukung dengan penelitian pustaka. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa perlindungan terhadap satwa jenis Lutung Jawa dari perdagangan liar berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 telah dinyatakan bahwa perdagangan satwa liar dilindungi tersebut merupakan suatu tindakan kejahatan dan pelanggaran. Dalam upaya perlindungan hukum terhadap satwa dilindungi tersebut dari perdagangan liar BBKSDA Jawa timur telah menerapkan undang-undang tersebut dalam melaksanakan tugasnya sebagai penegak hukum satwa liar dilindungi. Selanjutnya BBKSDA Jawa Timur bekerjasama dengan Javan Langur Center sebagai Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa untuk merehabilitasi satwa dilindungi tersebut dari operasi perdagangan liar dengan harapan satwa tersebut dapat dilepasliarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:40
Last Modified: 05 Dec 2017 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35875

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo