UMM Institutional Repository

STUDI FERMENTASI PEMBUATAN ETANOL DARI TONGKOL JAGUNG OLEH Rhizopus oryzae

ROHMAN, FATHUR (2015) STUDI FERMENTASI PEMBUATAN ETANOL DARI TONGKOL JAGUNG OLEH Rhizopus oryzae. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathurrohm-40865-1-pendahul-n.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathurrohm-40865-2-bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathurrohm-40865-3-bab2.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathurrohm-40865-4-bab3.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari – harinya. Selain sebagai bahan makanan pokok, jagung juga dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak dan bahan industri serta komoditas eksport. Peningkatan akan hasil pertanian dalam masa panen menghasilkan peningkatan juga pada limbah hasil pertanian. Limbah – limbah ini kemudian menimbulkan masalah pencemaran lingkungan. Umumnya limbah hasil pertanian ini masih memiliki kandungan nutrisi, sehingga masih bisa dimanfaatkan menjadi produk atau digunakan sebagai medium pertumbuhan mikroorganisme, salah satunya adalah tongkol jagung. Alternatif pemanfaatan tersebut yakni memfermentasi tongkol jagung dengan Rhizopus oryzae untuk menghasikan etanol yang dapat digunakan sebagai desinfektan untuk keperluan laboratorium. Selama ini ketersedian etanol untuk laboratorium terbatas, mengingat banyaknya pengguna laboratorium selalu membutuhkan etanol untuk meminimalisir adanya kontaminasi mikroorganisme dan lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk memperlajari proses fermentasi etanol dari tongkol jagung oleh Rhizopus oryzae dan mengetahui perbedaan hasil fermentasi etanol dari bahan yang dihidrolisis dan non hidrolisis.Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua faktor. Faktor pertama (B) adalah bahan hidrolisis dan bahan non-hidrolisis, faktor kedua (I) adalah jumlah inokulum. Parameter pengamatan selama fermentasi adalah kadar alkohol, pH dan gured selama 5 hari dan 7 hari. Faktor disusun secara faktorial sehingga terdapat 4 level perlakuan dan diulang sebanyak 2 kali. Hasil disajikan secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan kadar etanol tertinggi dihasilkan dari bahan hirolisis dengan lama fermentasi 7 hari sebesar 7,9 % dan jumlah inokulum 74,062 x 10⁵ sel/ml lama fermentasi 7 hari yaitu 6,2 %. Perlakuan bahan dan jumlah inokulum berpengaruh nyata terhadap nilai pH hari ke-5, kadar gula reduksi hari ke-7, kadar etanol dan tidak berpengaruh pada nilai pH hari ke-7, kadar gula reduksi hari ke-5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Food Technology (41203)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:32
Last Modified: 04 Dec 2017 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35836

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo