PERSEPSI GURU SAINS SMP NEGERI SEKOTA MALANG TERHADAP PENGAJARAN MATERI SAINS TERPADU

ALIYY MUSTHOFA, ZAINAL (2007) PERSEPSI GURU SAINS SMP NEGERI SEKOTA MALANG TERHADAP PENGAJARAN MATERI SAINS TERPADU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_GURU_SAINS_SMP_NEGERI_SEKOTA_MALANGTERHADAP_PENGAJARAN_MATERI_SAINS_TERPADU.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Sains menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai bagian dari pengetahuan yang harus dimiliki memasuki era informasi dan teknologi. Agar siswa SMP dapat mempelajari sains dengan benar, maka sains harus dikenalkan secara utuh, baik menyangkut objek, persoalan, maupun tingkat organisasi dari benda-benda yang ada di dalam alam semesta. Dengan kata lain bahwa sains sebagai mata pelajaran di SMP hendaknya diajarkan secara utuh atau terpadu, tidak dipisah-pisahkan antara materi biologi, fisika, kimia dan bumi antariksa (Diknas,2004). Namun, pada konteksnya Sains di SMP diajarkan dengan pemisahan antara materi biologi, fisika dan kimia. Ketidakutuhan konsep sains dalam pembelajarannya sebagai ilmu yang mencakup aspek sains, teknologi dan masyarakat tidak terlingkupi, juga secara psikologis berat bagi siswa SMP. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk membuat pencandraan mengenai persepsi guru sains pada pengajaran materi sains SMP secara terpadu. Penelitian dilaksanakan di lima SMPN kota Malang mulai 10 September sampai 27 September 2006. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah guru sains SMP dengan karakteristik telah mengajar Sains minimal 5 tahun, berasal dari sekolah yang telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi. Berdasarkan penelitian didapat hasil bahwa 60 % guru (responden) setuju jika sains diajarkan secara terpadu. Berdasarkan kelompok sekolah, sekolah pilot project sebanyak 84 % setuju jika materi sains terpadu. Sedangkan 60 % responden dari kelompok sekolah non pilot project setuju jika sains diajarkan secara terpadu. Sains terpadu berdasarkan persepsi guru (responden) adalah materinya saling terkait dalam satu tema materi sains, yaitu meliputi keterkaitan fisika, biologi dan kimia. Sementara itu guru yang mengajar tidak harus satu melainkan dalam bentuk team teaching.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 04:46
Last Modified: 01 May 2012 04:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item